Portal Indonesia
Idul adha

Gedung Eks Sekolah China Dipugar Libatkan Ahli Cagar Budaya Jember

berita terkini
Koordinasi pemkab Situbondo dengan LSM Wirabhumi bersama Tokoh Budayawan Asembagus Agus Rajana.
ramadhan

SITUBONDO,( PortalBangsa.com) - Sempat terhenti beberapa waktu, penyelesaian pemugaran gedung eks sekolah china di Asembagus,Kabupaten Situbondo  tampaknya memang harus melibatkan tim ahli cagar budaya.Hal itu dikatakan Bidang Hukum dan Advokasi LSM Wirabhumi ,Sumarwan,SH,M.Hum pada Portalbangsa.com Rabu (21/9/2016) siang.

Usai dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Situbondo di lapangan, progres yang dilakukan adalah mendatangkan tim ahli cagar budaya dari Jember.
" Ada satu ahli cagar budaya dengan pendampingnya yang nantinya merekomendasikan untuk meregister cagar budaya ,termasuk pendampingan pemugaran gedung bersejarah yang pernah difungsikan sebagai markas pejuang saat agresi Belanda itu," tutur Sumarwan.
Ia menambahkan jika di Situbondo belum dibentuk tim ahli , sehingga pemugaran ini  harus ada jaminan statusnya dengan melibatkan tim ahli yang didatangkan dari luar kota yaitu Jember.

Sementara itu,  Pejabat pembuat komitmen dari Dinas CKTR, Viskanto Adi yang turun ke lokasi bersama tim membenarkan hal itu. 
"Iya, kita melakukan koordinasi dengan elemen LSM Wirabhumi dan tokoh budayawan setempat .Tentu juga keterlibatan ahli cagar budaya nantinya bisa menjamin  pembangunan  dengan pemugaran bangunan bersejarah ini tanpa hambatan," jelas Viskanto mewakili Pemkab Situbondo.

Ia mengungkapkan, paling lama minggu depan sudah berjalan. Dikatakan pula bahwa koordinasi dengan tim ahli akan dilakukan dalam minggu ini.
"Yang pasti sudah bisa datang dalam minggu ini sesuai saran dari LSM. 

Informasi yang dihimpun media ini, tim ahli yang terlibat nantinya memiliki sertifikat ahli cagar budaya dari Kemendikbud RI.Reputasinya antara lain, yang bersangkutan pernah  membongkar kasus  pemalsuan benda cagar budaya di Jember.

Reporter : Elang Aminudin
Editor :
444
Berita Sebelumnya Warga Semboro Kampanyekan Potensi Jeruk Siem Jember
Berita Selanjutnya Kenang Jasa Para Pahlawan, Warga Sumber Katimoho Nobar G30S/PKI 

Komentar Anda