Portal Indonesia
Idul adha

Perbaikan Gedung Eks Sekolah China Di Situbondo Harus Perhatikan Rambu-rambu

berita terkini
Bagian kusen yang sempat dibongkar akan dikembalikan ke posisi asli.
ramadhan

SITUBONDO,(suarajatimpost.com) - Proses perbaikan terhadap gedung eks sekolah China di selatan taman kota Kecamatan Asembagus ,Kabupaten Situbondo,tampaknya masih cukup makan waktu.

Hal itu diketahui dari informasi yang disampaikan oleh Pejabat Pembuat Komitmen dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Kabupaten Situbondo, Viskanto Adi, kepada portalbangsa.com.
Menurut Viskanto,pihaknya masih menunggu surat dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan,Mojokerto.


"Alhamdulillah,mas.Kemarin di BPCB Mojokerto bertemu dengan  Bapak Edy Widodo selaku Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan .Secara lisan ,beliau menyampaikan bahwa bangunan tersebut  bisa diperbaiki dengan memperhatikan beberapa hal sehingga nantinya masih bisa didaftarkan sebagai aset cagar budaya," tulis Viskanto melalui whatsApp.

Sementara itu pihak LSM Wirabhumi melalui Ketua R.Dian Sampurno mengatakan jika pemugaran sebelum bangunan yang berpotensi sebagai cagar budaya itu ditetapkan statusnya, memang bersifat perbaikan."Yang pasti harus sesuai rambu-rambu semisal tidak merusak konstruksi asli.Tentu kita akan tetap mengawal bersama-sama agar potensi cagar budaya bangunan mada kolonial ini tetap ada," ujarnya.

Ia menambahkan optimismenya jika BPCB telah dilibatkan tentu prosesnya akan berjalan baik.Bahkan ia yakin, ke depan penanganan cagar budaya di Situbondo akan mengalami kemajuan.

Sebagaimana diberitakan sejumlah media, LSM Wirabhumi sempat  memrotes pembongkaran sebagian kusen gedung yang dianggap merubah konstruksi asli pada 5 Agustus lalu.Namun kemudian pihak DKCTR duduk bersama untuk menyamakan persepsi terhadap tafsir UU Cagar  Budaya No.11 Tahun 2010.Hasilnya, pembangunan atau rehab gedung dihentikan hingga DCTR berkonsultasi dengan BPCB Trowulan ,dengan harapan perbaikan gedung tidak "menabrak" regulasi.

Reporter : Elang Aminudin
Editor :
444
Berita Sebelumnya Memasuki Musim Penghujan, Masyarakat Pamekasan Waspadai Demam Berdarah
Berita Selanjutnya Viral Muammad Ja’far Hasibuan Juara Dunia Kalahkan 193 Negara Ingin Bertemu Jokowi

Komentar Anda