Portal Indonesia
ad

Menteri Perdagangan: Kopi Adalah Komoditi Unggulan Jember

berita terkini
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita bersama Bupati Jember melihat produk lokal Jember
ad

JEMBER, (portalbangsa.com) - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, dalam kunjungan kerjanya ke Jember, Kamis (16/3),  menyampaikan, Jember mempunyai produk unggulan berupa kopi.

Hal ini ia sampaikan setelah ia menyaksikan sendiri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan produksi lokal yang ada di Jember. Ia mengatakan, produk unggulan Jember ini sudah terkenal sejak lama, namun kurangnya pemasaran dan pengawasan menyebabkkan potensi kopi Jember terpendam.

“Kopi Jember, sebenarnya terkenal cukup lama, tetapi terpendam sekian tahun, tapi tidak terangkat, sehingga kalah dengan kopi-kopi lain. Bahkan kopi Jember itu diklaim sebagai kopi-kopi dari berbagai negara yang lain,” ungkap Enggar di Pendopo Jember.

Ia menyatakan, jika produk Jember berupa kopi ini tidak diawasi dan dijaga dengan baik, maka suatau saat Jember akan kehilangan komoditi unggulan ini.

“Lama-lama bicara kopi arabica dia bukan kopi Jember, kalau kita mau cara pragmatis itu bisa kita tidak pedulikan, tetapi lama-kelamaan maka itu akan mencadi persoaalan orang akan lupa, dan tidak ada kebangaan kita sendiri,” katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah Jember dan para pengusaha kopi agar tidak menjual biji kopi mentah, karena menurutnya, biji kopi mentah yang telah dijual akan menguntungkan pihak pembeli, “Kemudian dia (pembeli) akan menklaim bahwa ini adalah produksi dari negaranya, karena memang itu adalah biji mentah, yang tidak bisa dinyatakan bahwa itu adalah produksi dari indonesia atau itu produksi dari Jember,” jelasnya.

Setelah biji kopi yang tidak dijual dan diproduksi dalam negeri, maka peran pemerintah di sini harus hadir, “Dengan cara kita membuka pasar. Pasar-pasar dalam negeri dan pasar eksport harus kita buka, dengan demikian, maka para petani tidak ada kekhawatiran bahwa hasilnya tidak terserap tidak terbeli,” pungkasnya.

Reporter : Amrizal Z
Editor :
ad
Berita Sebelumnya KH Achmad Hasyim Muzadi Berpulang
Berita Selanjutnya Personil Gabungan Ikuti Apel Kesiapan Pengamanan Situbondo Bersholawat Untuk Indonesia 

Komentar Anda