Portal Indonesia
ramadhan

Kelembagaan RANHAM di Jember Belum Terbentuk, Ini Alasanya

berita terkini
Kepala Bakesbang Jember Suprapto
222

JEMBER, (portalindonesia.co.id)- Instruksi pemerintah pusat untuk merealisasikan penyusunan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sesuai  PP no 75 tahun  2015 untuk kabupaten Jember ternyata masih belum terbentuk. Maski kabupaten Jember tersebut mendapat predikat kabupaten ramah lingkungan, namun hingga kini pembentukan sekretariat bersama masih dalam proses.

Pernyataan ini disampaikan kepala Bakesbang Jember Suprapto saat memberikan pemaparan dalam acara sosialisasi sadar hukum di aula Dinas Pendidikan Jember, Kamis (16/11/2017).

"RANHAM mempunyai sasaran meningkatkan pemahaman HAM bagi aparatur negara dan masyarakat, selain itu bertujuan pula untuk melaksanakan instrumen HAM dalam kebijakan pemerintah sehingga berdampak pada meningkatkan penanganan pelanggaran ham," ujarnya.

Namun sayangnya hingga kini belum terbentuk kelembagaannya karena menunggu kesiapan beberapa dinas terkait termasuk masalah anggaran. 

Dengan adanya sosialisasi kesadaran hukum kali ini diharapkan  bisa menjadi salah satu aspek pendorong untuk semua dinas terkait segera duduk satu meja dan segera membentuk lembaga RANHAM sesuai perintah dari pusat. Tujuannya agar terwujud kesejahteraan bagi masyarakat terutama yang berkaitan dengan HAM.

"Rencananya akan kita bahas bersama dengan beberapa pihak untuk membentuk sekretariat bersama termasuk membahas masalah anggaran yang hingga kini ternyata masih belum dianggarkan. Jika sudah terbentuk maka diharapkan bisa berjalan sesuai tujuannya," pungkasnya.

Reporter : Tarsisius Darson Wesa
Editor :
444
Berita Sebelumnya KPK Jemput Paksa, Setya Novanto 'Menghilang'
Berita Selanjutnya Go Organik Dalam Perbincangan Pengurus Indonesia Bekerja 

Komentar Anda