Portal Indonesia
ad

Soekarwo Apresiasi SMK Negeri 2 Surabaya Pantau Peserta UNBK Dengan CCTV

berita terkini
Gubernur Jawa Timur Soekarwo Menyapa Peserta UNBK di SMK Negeri 2 Surabaya
ad

SURABAYA, (portalindonesia.co.id) - Memasuki hari pertama dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Senin (2/4/2018), Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman melakukan peninjauan langsung.

Pada tahun ini, rombongan orang pertama di Jawa Timur memilih SMK Negeri 2 Surabaya, Jalan Tentara Genie Pelajar No. 26, Petemon Surabaya, sebagai lokasi pertama dilakukan peninjauan. Kedatangannya diterima oleh Djoko Pratmodjo Y.U., MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surabaya, dengan dilanjutkan santap pagi di ruang khusus yang sudah dipersiapkan.

Ada hal yang ditonjolkan SMK Negeri 2 Surabaya pada UNBK setiap tahun semenjak diberlakukan sistem online untuk mengerjakan soal ujian nasional itu. Diantaranya seperti pemantauan siswa-siswi dengan menggunakan kamera CCTV yang dipasang di setiap ruang ujian.

“Saya kira ini adalah progres yang menarik, dengan menggunakan teknologi CCTV. Jadi pengawasan tidak di dalam, tapi di luar kemudian mereka percaya, bahwa mereka (peserta UNBK) itu harus jujur karena ada CCTV yang mantau mereka saat mengerjakan soal-soal itu,” kata pria sapaan Pakdhe Karwo kepada awak media.

Sementara Djoko Pratmodjo mengatakan, sekitar 914 peserta mengikuti UNBK, yang dibagi 3 sift dan ada 16 ruang ujian lokal yang sudah dipersiapkan dengan dilengkapi kamera CCTV. Ia mengaku pada tahun ini tidak ditemukan kendala apapun.

“Alhamdulillah tahun ini sudah kami persiapkan sebelum-sebelumnya. Akses seperti server setiap ruangan sudah siap, apalagi kami juga sudah menyediakan mesin jenset jika sewaktu-waktu mati lampu. Jadi otomatis tersambung dengan jenset,” ujar Djoko.

Saat disinggung terkait fasilitas UNBK seperti komputer tersebut, kendati pantauan dilapangan SMK Negeri 2 Surabaya sebagian banyak masih menggunakan laptop milik sekolah, Soekarwo mengaku tidak mempermasalahkan hal ini.

“Itu bukan alasan untuk kendala, yang penting ini fungsional. Fungsinya sama dan bisa dipakai,” lanjut Soekarwo.

Saiful Rachman juga menambahkan, UNBK pada kali ini pihaknya telah bekerjasama dan koordinasi dengan PLN Jatim untuk menghindari padam listrik saat UNBK berlangsung. Karena menurut Saiful, UNBK ini identik menggunakan listrik dan jaringan internet.

“Kami berupaya untuk menyiapkan semua kebutuhan UNBK. Koordinasi dengan PLN Jatim pun sudah kami lakukan, agar semua berjalan dengan lancar,” ujar Saiful.

Sedangkan masalah internet, Saiful menjelaskan bahwa semuanya telah ter-cover oleh pusat. Terutama pengecekan ulang pada server telah dilakukan sejak tadi malam, Minggu (1/4).

“Jadi dari pihak penyedia layanan juga menyiapkan server cadangan jika ditemui ada masalah pada server utama. Saya yakin 100 persen UNBK ini berjalan lancar,” pungkas Saiful usai meninjau mendampingi Soekarwo di SMK Negeri 2 Surabaya.

Reporter : Addy M.a.z
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Lantik Pengurus Baznas, Ini Pesan Wabup Pamekasan
Berita Selanjutnya Tebang Pohon Mangga, Warga Banyuglugur Nyaris Tewas Kesetrum 

Komentar Anda