Portal Indonesia
ad

Rapat Paripurna DPRD, Jawaban Eksekutif Atas Pandangan Fraksi DPRD LKPJ TA 2017

berita terkini
Rapat Paripurna DPRD Ponorogo
ad

PONOROGO, (portalindonesia.co.id) – Rapat Paripurna DPRD Ponorogo dengan agenda jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi terhadap raperda, tentang pertanggung jawaban  pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah  Tahun 2017, Kamis malam,  pukul 24.00 WIB (25/07/2018)  di Gedung paripurna DPRD lantai tiga Ponorogo.

Setelah mendengarkan  jawaban dari eksekutif yang dibacakan Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno, anggota DPRD sepakat membawa ketingkat pembahasan tim panitia khusus (pansus). Hal itu dilakukan  setelah dicermati  jawaban dari seksekutif  atas LKPJ TA 2017 belum bisa memuaskan kalangan wakil rakyat.

Ketua DPRD Ponorogo Ali Mufthi mengungkapkan, setelah mendengarkan jawaban dari sksekutif, masih banyak item yang  masih perlu dipelototi terkait  pelaksanaan kebijakan daerah yang menggunakan anggaran belanja daerah  tahun kemarin.

“Pembahasan raperda pelaksanaan anggaran dan pendapatan TA 2017 ini adalah kesepakatan bersama, dan dikalangan anggota  DPRD  kita mempunyai pandangan-pandangannya,  ini nanti  disetujui apa tidak,” ujarnya. Ia juga menjelaskan kalau masalah menentukan keputusan,  baru menunggu jumlah korum anggota yang hadir.

Dikatakan, untuk menentukan keputusan raperda itu lanjut Ali Mufthi  juga memerlukan pembahasan. Dan pembahasan apa, ya kesepakatan dari DPRD dan Bupati yang akan dibahas, itu yang akan disepakati.

“Dalam memutuskan raperda ini harus 2/3 anggota DPRD hadir. Sedang pengambilan keputusan non perda  50 plus satu,” ucapnya.

Sementara itu jawaban Bupati Ponorogo yang dibacakan Wakil Bupati Soedjarno mengatakan, atas pandangan umum yang disampaikan fraksi-fraksi kemarin Pmerintah Daerah akan terus berupaya menggali dan mengoptimalkan untuk pembangunan daerah. Seperti yang telah dilakukan, cara intensifikasi adalah mengefektifkan pemungutan pajak atau restribusi dan mengidentifkan cara pemungutan subyek dan obyek yang sudah ada.

“Cara ekstensifikasi, upaya peningkatan pendapatasn asli daerah menjaring wajib pajak baru melalui pendataan dan pendaftaran wajib pajak baru,” ujarnya.

Selain itu lanjut Soedjarno, pemerintah daerah akan mewujudkan sintem yang terintegrasi melalui pemanfaatan tehnologi dan terus koordinasi dengan semua skpd yang mutlak diperlukan untuk mencapai visi dan misi Bupati Ponorogo.

“Menempatkan pendidikan, kesehatan, peningkatan kesejahteraan, insfrastruktur sarana dan prasarana  dengan memberikan anggaran yang cukup,” pungkasnya. (ADV)

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya Jaksa Tuntut Dua Budak Sabu 6 Tahun Penjara
Berita Selanjutnya Pelaku Asusila Resahkan Warga, Digelandang ke Mapolres Situbondo 

Komentar Anda