Portal Indonesia
ad

Gempa di Lombok, Guncangannya Terasa Sampai Situbondo

berita terkini
warga sedang mengikuti perkembangan informasi gempa bumi melalui siaran televisi
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id) - Guncangan gempa bumi yang terjadi di wilayah Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Minggu (5/8/2018) malam, juga terasa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dan sekitarnya. 

Sejumlah warga Situbondo merasakan guncangan sekitar pukul 18.38 hingga hingga 18.48 WIB. Meski tidak sampai berhamburan keluar rumah, namun guncangan tersebut sempat membuat sejumlah warga terkejut. 

"Saat terjadi guncangan, saya sedang asyik makan. Awal kali terasa, lantai tempat duduk dan tembok tempat bersandar terasa bergoyang-goyang. Hal itu dikira kepala saya yang sedang pusing. Tapi ternyata benar-benar lendhu (gempa) dan saya sempat berteriak sambil mengajak keluarga untuk keluar rumah," ujar Khotimah (32) warga Dusun Bretan, Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. 

Guncangan gempa cukup kencang juga terpantau melalui grup WhatsApp di Kabupaten Situbondo, Banyuwangi, Probolinggo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Surabaya.

"Setelah mengetahui dari televisi kalau pusat gempa itu berada di daerah Lombok, NTB, kami sekeluarga merasa tenang dan terus mengikuti perkembangan gempa melalui siaran televisi," bebernya. 

Adanya gempa bumi di Lombok, NTB yang guncangannya terasa hingga ke Kabupaten Situbondo dan sekitarnya, Kepala Pelaksana BPBD Situbondo Taufik Hidayat melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Gatot Trikorawan, menghimbau kepada warga Kabupaten Situbondo untuk tetap tenang, waspada dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah terkait. 

"Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami," ungkap Gatot saat dikonfirmasi portalindonesia.co.id melalui telepon.

Lanjut Gatot, imbauan ini muncul setelah pihak BPBD Situbondo mendapat informasi dari BMKG, bahwa pada hari Minggu (5/8/2018) pukul 18:46:35 WIB telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 KM. "Pusat gempa 18 KM Barat Laut Lombok Timur NTB. Gempa berpotensi tsunami," bebernya. 

Selain itu, warga Situbondo juga diimbau untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem berupa angin kencang yang masih berlangsung hingga saat ini, warga Situbondo juga diimbau untuk memangkas pohon besar yang dinilai sudah tua, rapuh dan berada di sekitar rumah atau pinggir jalan, cek lalu perbaiki jika ditemui pada bagian bangunan rumah terutama bagian atap yang rusak. 

"Untuk antisipasi angin kencang, bagi warga yang beraktivitas baik di laut maupun dimana saja, juga diharap untuk selalu hati-hati, waspada dan dapat mengikuti perkembangan informasi dari BMKG," pungkasnya. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Gempa di Lombok Potensi Tsunami, BMKG Minta Masarakat Jauhi Bibir Pantai
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda