Portal Indonesia
ramadhan

1.106 Siswa MA-An Nawawi Deklarasi Jadi Pengawas Pemilu Partisipatif

berita terkini
Saat berlangsungnya deklarasi siswa MA An Nawawi menjadi Pengawas Pemilu Partisipatif
222

PURWOREJO, (portalindonesia.co.id) - Secara sukarela, 1.106 siswa Madrasah Aliyah (MA) An Nawawi Berjan Purworejo, Jawa Tengah, mendeklarasikan diri menjadi pengawas pemilu partisipatif. 

Deklarasi yang berlangsung pada Senin (17/9/2018) di halaman MA An Nawawi Berjan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Nur Kholiq dan disaksikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo, Ali Yafie dan Abdul Aziz serta Kepala MA An Nawawi, Muslikhin Madiani, para guru dan karyawan.

Prosesi deklarasi diawali dengan pembacaan naskah deklarasi oleh dipimpin Ketua Bawaslu dan diikuti ribuan siswa, selanjutnya penandatanganan piagam deklarasi yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu, Kepala MA An Nawawi berikut perwakilan siswa pemilih pemula.

Dalam kesempatan itu, Kepala MA An Nawawi, Muslikhin Madiani mengatakan, deklarasi ini, diantaranya berisi tentang komitmen siswa dan keluarga besar MA An Nawawi untuk mensukseskan pemilu serentak 2019 secara damai, kondusif, dan demokratis.

"Siswa yang sebagian besar pemilih pemula juga ingin terlibat sebagai relawan pengawas pemilu. Makanya kami undang Bawaslu untuk menyaksikan deklarasi ini," katanya.

Lebih lanjut, Muslikhin menuturkan, untuk mengawali rangkaian pembelajaran demokrasi siswa, dalam pemilihan Ketua OSIS secara langsung terdapat beberapa tahapan yang pelaksanaannya persis pelaksanaan pemilu sesungguhnya. Diantaranya ada penyusunan data pemilih, penjaringan calon, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara hingga penetapan pasangan terpilih. 

"Pembelajaran demokrasi melalui pemilihan Ketua OSIS secara langsung ini bagian dari pembelajaran demokrasi yang kami berikan ke siswa setiap tahun. Kali ini kami tambahkan tentang pembelajaran pengawasan pemilu dengan menjadi pengawas partisipatif," tandasnya.

Deklarasi para siswa MA An Nawawi menjadi pengawas pemilu partisipatif ini, mendapat apresiasi dan disambut baik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo, Nur Kholiq. 

"Deklarasi ini yang pertama kalinya dilakukan di Kabupaten Purworejo. Ribuan siswa yang secara sukarela menjadi relawan pengawas pemilu partisipatif," katanya.

Ditambahkan Nur Kholiq, Bawaslu memiliki peran agar bisa mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan pengawasan pemilu. Sehingga dengan semakin sadarnya masyarakat tentang pentingnya pengawasan pemilu, diharapkan proses pemilu juga dapat berlangsung secara demokratis.

"Semoga gerakan deklarasi pengawasan pemilu partisipatif yang dilakukan MA An Nawawi ini akan menginspirasi sekolah lainnya. Sehingga bersedia melakukan hal yang sama untuk turut serta menjadi bagian dari aktor pengawasan. Tentu ini pembelajaran yang sangat penting bagi siswa para pemilih pemula," bebernya. 

 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sepasang Kekasih di Pamekasan Terciduk Satpol PP Saat Indihoy di Kamar Kos
Berita Selanjutnya Elan Rajiun

Komentar Anda