Portal Indonesia
ad

948 Mahasiswa Universiatas Muhamadiyah Purworejo Dibekali Wawasan Kebangsaan

berita terkini
saat mahasiswa baru UMPATIONS kegiatan pengenalan kehidupan kampus
ad

PURWOREJO, (portalindonesia.co.id) - Sebanyak 948 mahasiswa baru Universitas Muhamadiyah Purworejo (UMP) Jawa Tengah, menerima Wawasan Kebangsaan dari Perwira Seksi Teritorial Kodim 0708 Purworejo, Kapten Infanteri Dalaiman, di Auditorium UMP, Kamis (20/9/2018). 

"Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dengan dilandasi Pancasila dan UUD 1945," jelas Kapten Infanteri Dalaiman. 

Kapten Inf Daliman menyebutkan, ada beberapa faktor yang menganggu wawasan kebangsaan, diantaranya hilangnya rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dan tidak menghargai pruralitas ataupun keaslian budaya.

"Nilai-nilai wawasan kebangsaan adalah wujud kita dalam pengorbanan dan kesediaan mereduksi tujuan pribadi, daerah, golongan demi tujuan bangsa dan negara untuk tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," paparnya. 

Terpisah, seorang pembimbing, Sella Kusuma Wardani mengatakan, materi wawasan kebangsaan yang disampakan oleh Kodim 0708 Purworejo, adalah bagian dari rangkaian Pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Tahun Akademi 2018/2019 UMP.

"Pengenalan kehidupan kampus ini, akan dilaksanakan selama empat hari dan diikuti 948 mahasiswa tingkat satu," ungkapnya.

Selanjutnya Sella, tujuan pembekalan tentang wawasan kebangsaan oleh Kodim 0708 Purworejo itu, akan menambah rasa cinta tanah air dan kebanjiran untuk menanamkan bahwa bela negara tidak hanya dilakukan oleh TNI dan Polri saja. 

"Namun sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 27, setiap orang memiliki hak yang sama dalam pembelaan negara." pungkasnya. 

 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Prihatin, Minat Baca Siswa di Situbondo Masih Rendah 
Berita Selanjutnya Tebang Pohon Mangga, Warga Banyuglugur Nyaris Tewas Kesetrum 

Komentar Anda