Portal Indonesia
ad

Komisi III DPRD Mubar Dukung Wacana Penyusunan Cetak Biru Adat dan Budaya Muna 

berita terkini
Ketua Komisi III DPRD Mubar, Sulawesi Tenggara, La Insafu
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.co.id) - Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna Barat  (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), La Insafu mendukung penuh gagasan penyusunan cetak biru (blue print) tentang adat dan budaya suku Muna. 

Hal itu disampaikan La Insafu saat dihubungi via selularnya, Kamis  (04/10/18). 

Kata dia, bentuk dukungan itu dapat diimplementasikan dengan memperjuangkan anggarannya dan pembuatan peraturan daerah (perda).

"Soal dana penyusunan cetak biru itu kita pasti dukung. Dan supaya landasan hukumnya lebih kuat lagi maka kita juga akan terbitkan perda," jelasnya.

La Insafu mengatakan pihaknya menyambut baik gagasan adanya cetak biru adat dan budaya Muna tersebut. Alasannya, dengan cetak biru masyarakat Mubar lebih memahami secara utuh adat dan budaya Muna.

"Untuk menyelesaikan hal ini secara lengkap, perlu melibatkan semua pihak. Cetak biru itu harus diseminarkan dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lembaga perguruan tinggi," ulasnya.

Menurutnya, bila cetak biru sudah jadi, maka manfaatnya sangat banyak. "Generasi muda akan lebih muda mempelajarinya. Kemudian adat dan budaya aman dari kepunahan. Saya kira gagasan ini harus didukung, supaya adat dan budaya kita lestari," terangnya.

Ia juga menyarankan kepada instansi terkait agar memperhatikan juga budaya selain adat dan budaya suku Muna.

"Karena Mubar itu masyarakatnya heterogen, maka perlu pula budaya suku lain yang ada di Mubar ada cetak birunya. Ini semua untuk kepentingan daerah," ungkapnya.

Ia berharap cetak biru mengenai semua adat dan budaya yang ada di Mubar dapat dituntaskan sebaik mungkin.

"Instansi tekhnis dan pihak terkait lainnya secara bersama-sama menyelesaikan masalah adat dan budaya yang ada di Mubar," saran Insafu.

 

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Dinyatakan Tipu Para Pedagang Pasar Turi, Henry J Gunawan Dihukum 2,6 Tahun Penjara
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Mahasiswa di Situbondo Gelar Aksi Damai 

Komentar Anda