Portal Indonesia
ramadhan

KPUD Mubar Himbau Pemilih Pemula untuk Mengecek  Namanya Dalam  DPT

berita terkini
Kordinator Divisi Data dan Informasi, KPUD Mubar, Sulawesi Tenggara, Alirun Asa (ke 2 dari kanan)
222

MUNA BARAT, (portalindonesia.co.id) - Kordinator Divisi Data dan Informasi, Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Muna Barat  (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara  (Sultra), Alirun Asa, menghimbau pemilih pemula agar mengecek namanya dalam daftar pemilih tetap  (DPT).

Himbauan itu disampaikan pada acara sosialisasi Pemilu 2019, di SMA  1 Lawa, Jumat  (19/10/18).

Alirun mengatakan bila namanya belum masuk dalam DPT, segera berkoordinasi dengan Panitia Pemungutan Suara  (PPS) atau Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) setempat.

"Untuk mengecek nama apakah sudah terdaftar atau belum bisa juga diakses di internet  (play store). Caranya ketik KPU RI Pemilu 2019. Masukan nama dan nomor induk kependudukan  (NIK). Disitu akan diketahui sudah terdaftar atau belum," terangnya.

Menurut dia, arahan ini bertujuan untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih, sehingga pada Pemilu 2019 mendatang dapat menggunakan hak pilihnya.

"Kita harapkan pemilih pemula yang ada di SMA 1 Lawa terdaftar dalam DPT. Dengan begitu saat pemilihan adik-adik  bisa memilih," imbuhnya.

Sementara itu, Kordinator Divisi Hukum, KPUD Mubar, La Ode Fatahudin menegaskan agar pemilih pemula tidak terlibat dalam praktik politik uang. 

"Kalau memilih berdasarkan hati nurani, jangan memilih karena dibayar. Sebab itu masuk pelanggaran pemilu. Dan kalau itu kedapatan, konsekuensi hukumnya sudah jelas," katanya.

Fatahudin juga mengajak pelajar SMA 1 Lawa untuk berpartisipasi melakukan pengawasan pelanggaran pemilu.

"Peran adik-adik dalam pengawasan sangat diperlukan. Bila ada temuan pelanggaran segera melapor di Bawaslu Mubar," tambahnya.

 

Reporter : La Ode Biku
Editor :
444
Berita Sebelumnya Diguyur Hujan, BPBD Situbondo Akan Hentikan Distribusi Air Bersih Pada Akhir Oktober 2018
Berita Selanjutnya Go Organik Dalam Perbincangan Pengurus Indonesia Bekerja 

Komentar Anda