Portal Indonesia
ad

Rencana Pinjaman Muna Barat Sebesar 200 Milyar Dapat Sinyal Dari Kemendagri 

berita terkini
Acara Seminar Beda Rancangan APBD Mubar tahun 2019 yang diikuti ratusan peserta
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.co.id) - Pemerintah Daerah Muna Barat  (Mubar), Sulawesi Tenggara  (Sultra) berencana akan meminjam dana ke Pemerintah Pusat sebesar 200 milyar. Dana itu akan digunakan untuk pembangunan jalan ringroad dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Mubar, Laode M.Rajiun Tumada pada Seminar Bedah Rancangan Mubar tahun 2019, yang digelar di Aula Sekretariat Daerah Mubar, Selasa, (06/11/18).

Menurut Rajiun, pinjaman dana  200 Milyar ini dilakukan karena anggaran dalam APBD masih terbatas. Karena itu, sebagai upaya percepatan pembangunan jalan ringroad dan RSUD butuh tambahan dana dari pusat. 

"Dana pinjaman yang akan kita usulkan ke pemerintah pusat sebanyak 200 Milyar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  (BAPPEDA) Mubar, Raden Djamun Sunyoto, mengatakan secara kriteria untuk melakukan pinjaman Mubar telah terpenuhi.

"Tiga syarat utama untuk melakukan pinjaman daerah telah sesuai dengan aturan. Rinciannya dari pinjaman itu, bunganya 9 persen selama lima tahun. Kalau hal itu sudah disetujui oleh pemerintah pusat, duit 200 Milyar itu akan dimasukkan dalam postur APBD Mubar tahun 2019," tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), Syarifuddin, menilai rencana pinjaman dana yang dilakukan oleh Pemda Mubar tersebut layak untuk diterima.

"Dilihat dari segi kelayakan, sudah layak. Cuma segi besaran kita lihat dulu," tuturnya.

Ia berujar untuk mengawal pinjaman dana ini, pihaknya akan menurunkan tim untuk memastikan pinjaman itu betul-betul sesuai aturan.

"Kita akan turunkan tim supaya proposal anggaran sebanyak 200 Milyar tidak menyalahi aturan. Silahkan Pemda Mubar masukan proposalnya nanti kita verifikasi," ucapnya.

Acara seminar hari ini diikuti oleh ratusan peserta. Mereka yang hadir adalah dari unsur pimpinan DPRD Mubar, seluruh pimpinan SKPD, para camat, para kepala desa serta para kepala sekolah tingkat SD dan SMP. 

 

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Muaddzin Masjid Agung Asy-syuhada Pamekasan Sabet Juara 1 MTQ Tingkat Nasional
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Kejari Surabaya Bagikan Ribuan Stiker

Komentar Anda