Portal Indonesia
ad

Aktivitas Tambang ilegal di Desa Dawuhan Situbondo, Disorot  

berita terkini
Hasil tambang yang diangkut menggunakan armada dam truk di Kecamatan Subuh 
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.co.id) - Aktivitas tambang berkedok untuk meratakan lahan agar dapat teraliri air irigasi dan meningkatkan produksi pertanian di Desa Dawuhan, Kecamatan Subuh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, disorot LSM Reformasi. 


Ketua LSM Reformasi, Drs. Suyono, SH, mengatakan aktivitas tambang di Desa Dawuhan dengan modus untuk meratakan lahan agar dapat teraliri air irigasi dan meningkatkan produksi pertanian dan sudah beroperasi hampir satu bulan itu berdampak pada kerusakan lingkungan dan infrastruktur. 


"Aktivitas tambang di desa itu beroperasinya sudah hampir satu bulan ini," ungkap Suyono, Selasa (13/11/2018). 


Menurut Suyono, aktivitas tambang di Desa Dawuhan yang berkedok untuk pemerataan lahan pertanian agar bisa dialiri air irigasi itu, tidak mengantongi izin alias ilegal. 


"Jika aktivitas tambang berkedok pemerataan lahan agar produksi pertanian meningkat itu memiliki izin, tentu pihak penambang dapat menunjukkan surat baik dari dinas terkait maupun kelengkapan izin penjualan," tandasnya. 


Selain itu, akibat sering dilewati sejumlah armada dam truk yang mengangkut material tanah dari lokasi tambang, kini di sejumlah titik pada akses jalan yang digunakan dam truk itu telah rusak. 


"Bahkan, ada sebuah jembatan mengalami retak retak akibat sering dilewati sejumlah dam truk yang mengangkut material tanah itu," beber Suyono. 


Suyono juga mengatakan, dampak adanya aktivitas tambang ini sudah sangat merugikan dan seharusnya ada tindakan tegas dari pemerintah terkait. "Kami meminta agar hal ini bisa diseriusi oleh pihak terkait," ujarnya.i

 

Dikonfirmasi terkait aktivitas tambang  di Desa Dawuhan, Kecamatan Suboh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo, Kholil, menyampaikan jika pihaknya akan melakukan cek ke lokasi tambang. 


"Besok mau saya cek dulu ke staf saya," ujar Kholil lewat WhatsApp nya. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor : Ach Fajar
ad
Berita Sebelumnya TMMD Sengkuyung Tahap III 2018 di Purworejo Resmi Ditutup
Berita Selanjutnya Tebang Pohon Mangga, Warga Banyuglugur Nyaris Tewas Kesetrum 

Komentar Anda