Portal Indonesia
ad

Pro Kontra Dana PIP 200 Milyar Mencuat di Legislatif Mubar

berita terkini
Wakil Ketua DPRD Mubar, Uking Djasa
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.co.id) - Pro-kontra dan wacana DPRD Muna Barat (Mubar) tak meloloskan dana Pinjaman Investasi Pusat (PIP) sebesar Rp 200 milyar yang akan diajukan oleh Pemerintah Daerah Muna Barat kepada pemerintah pusat semakin mencuat di publik. 

Hal tersebut ditanggapi Wakil Ketua DPRD Mubar, Uking Djasa. Menurutnya  wacana yang menyebut DPRD Mubar tidak akan menyetujui dana PIP bukan keputusan resmi  lembaga.  

"Sejauh ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mubar belum mengambil keputusan. Sesuai mekanisme yang ada pengambilan keputusan dilakukan secara kolektif kolegial," jelas Uking saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (14/11/2018). 

Uking mengatakan, kalau ada anggota DPRD yang menyatakan dana PIP sebesar Rp 200 milyar tak diloloskan oleh DPRD merupakan pernyataan pribadi. 

"Itu pendapat pribadi. Bukan keputusan resmi lembaga. Meski demikian saya tetap menghargainya. Diloloskan atau tidak, keputusannya lewat mekanisme yang berlaku yakni kolektif kolegial" tandas Uking.

Sebelumnya, di media dalam jaringan (daring), Anggota DPRD Mubar, Munawir Dio mengatakan dana PIP kemungkinan besar tak diloloskan oleh DPRD. 

Ia berdalih kemampuan daerah untuk mengembalikan bunga dinilainya belum mampu. Selain itu, serapan anggaran APBD Mubar setiap tahun belum maksimal dan hal ini ditandai dengan silpa setiap tahun cukup besar. 

Saat dikonfirmasi portalindonesia.co.id  Kamis (15/11/2018), Munawir Dio membenarkan pernyataannya tersebut. "Betul saya menyampaikan itu. Kemungkinan DPRD Mubar tak meloloskan dana PIP ini adalah pernyataan pribadi sebagai anggota DPRD," jelas Munawir via telepon.

Rencana Pemda Mubar meminjam dana  PIP sebanyak Rp 200 milyar ke pemerintah pusat dimaksudkan untuk percepatan pembangunan. Dana tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk pembangunan Jalan Ringroad Laworo dan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Mubar. 

Berhubungan dengan dana PIP ini Pemda Mubar telah melakukan ekspose di DPRD Mubar. Namun saat ini  pembahasannya masih ditunda.

Informasi terhimpun, pembahasan ekspose PIP di DPRD Mubar akan kembali dilanjutkan hari ini.

"Ekpose rencana dana PIP ini kembali dibahas besok (hari ini)," ungkap Anggota DPRD Mubar, Ahmad Abas Karip, saat dihubungi via telepon Rabu (14/11/2018) malam. 

 

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Soal Korupsi PT Jamkrida, Kejati Jatim Tahan 2 Orang
Berita Selanjutnya Badan Amil Zakat Nasional Adakan Pelatihan Jahit di Kota Bekasi

Komentar Anda