Portal Indonesia
ad

Momentum Hari Jadi Ke-749, Bupati Sumenep Resmikan KMP Dharma Bahari Sumekar III Untuk Masyarakat Kepulauan

berita terkini
Bupati Sumenep Saat Melempar Guci dan Resmikan KMP Dharma Bahari Sumekar III Untuk Masyarakat Kepulauan
ad

SUMENEP, (portalindonesia.co.id)- Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Bupati Sumenep meresmikan Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar III, dipelabuhan Kaleanget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (31/10/2018).

“Keberadaan KMP DBS III merupakan salah satu bukti nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kepulauan, untuk mendapatkan akses transportasi laut yang layak, aman dan nyaman.” kata Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada peresmian kapal di Pelabuhan Kalianget, Rabu (31/10).

Bupati menyatakan, proses pembuatan kapal DBS III yang menelan dana mencapai Rp39 miliar membutuhkan waktu panjang, namun akhirnya bisa mewujudkan transportasi laut itu pada tahun ini.

Ia berharap, PT. Sumekar sebagai pengelola KMP DBS III untuk meningkatkan dan membenahi manajemen perusahaan, itu dilakukan agar pelayanan transportasi kepulauan berjalan maksimal, apalagi ada penambahan kapal baru.

“Saat ini, pemerintah daerah tengah melakukan seleksi pengisian direktur PT. Sumekar yang kosong dan ingin direktur itu adalah orang yang memiliki visi misi jelas, profesional serta mau bekerja keras, agar perusahaannya sehat dan profesional supaya transportasi ke kepulauan maksimal.” tuturnya.

Bupati menyampaikan, Sumenep yang memiliki 126 pulau, tentu saja keberadaan KMP Dharma Bahari Sumekar III belum sepenuhnya menjawab kebutuhan transportasi masyarakat kepulauan, namun kapal itu minimal 40 persen bisa mengakomodir kebutuhan transportasi kepulauan.

“Kami tetap membutuhkan dukungan seluruh stakeholder, agar pelayanan transportasi ke kepulauan Sumenep semakin lebih baik untuk pelayanan transportasi umum maupun penunjang pengembangan sektor pariwisata kepulauan.” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Sustono mengungkapkan, KMP Dharma Bahari Sumekar III memiliki ukuran utama panjang 48.48 meter, lebar 12.00 meter, tinggi 3.60 meter, sarat air 2.42 meter dan mesin induk atau penggerak kapal 2x 000 HP. 

“Sesuai kebutuhan kapal itu didesain untuk memuat penumpang, kendaraan roda 4 dan barang dengan bobot mati 450 ton. Dilengkapi mesin induk 2 x 1000 HP dan mesin bantu 3 x 80 KVA, dengan kapasitas penumpang sebanyak 300 orang, 6 kendaraan roda 4 dan 75 ton barang dengan kecepatan 12 knot.” jelasnya

Reporter : Ach Fajar
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Ratusan Santri Ikuti Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat di Ponpes Al Munir Situbondo 
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Mahasiswa di Situbondo Gelar Aksi Damai 

Komentar Anda