Portal Indonesia
ad

Tingkatkan Komoditas Pertanian, Petani di Purworejo Tanam Bawang Merah 

berita terkini
Anggota Koramil 11 dan PPL Loano memberikan pendampingan penanaman bawang merah.
ad

PURWOREJO, (portalindonesia.co.id) - Anggota Koramil 11 Loano Kodim 0708 Purworejo bersama PPL melaksanakan pendampingan terhadap anggota Kelompok Tani Sinar Harapan yang menanam bawang merah di lahan seluas 1 hektar di Desa Kaliglagah, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (27/11/2018). 

Salah satu PPL dari Kecamatan Loano, Trisno Hariyanto mengatakan, berdasarkan hasil penelitian, penanaman bibit bawang merah yang di lakukan anggota kelompok tani di Desa Kaliglagah sudah memenuhi syarat, antara lain PH (Potensial Hidrogen ) tanah toleransinya sudah bisa di tanamai yaitu 6 derajat keasamannya. 

“Penaman bawang merah ini merupakan penanaman uji coba ke dua yang di lakukan oleh kelompok tani Sinar Harapan Desa Kaliglagah. Sedangkan pada penanaman yang pertama, hasilnya cukup bagus,” jelasnya. 

Lebih lanjut Trisno menyampikan penanaman bawang merah ini menggunakan bibit Varietas Bima dari Brebes yang merupakan bantuan dari Kementrian Pertanian kepada Dinas Pertanian Kabupaten Purworejo yang selanjutnya bantuan bibir tersebut disalurkan kepada para petani. 

“Saya berharap tanaman bawang merah di Desa Kaliglagah ini bisa berkembang, karena tanaman ini merupakan salah satu komoditas yang diandalkan selain padi, jagung dan kedelai," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu anggota kelompok tani sekaligus pemilik lahan, Sertu Rowawi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Purworejo melalui PPL Kecamatan Loano yang telah memberikan bantuan bibit bawang merah. 

"Adanya bantuan dan pendampingan ini, semoga dapat meningkatkan semangat petani untuk lebih tekun dalam mengolah lahan pertaniannya dan mudah mudahan hasil yang akan didapatnya nanti dapat menambah penghasilan keluarga," ucapnya dengan diakhiri kata amin. 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Sebarkan Narkoba di Kota Baru Gresik, Fiko Dihukum 9 Tahun Penjara
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Kejari Surabaya Bagikan Ribuan Stiker

Komentar Anda