Portal Indonesia
ad

PAS di SMKN 1 Pakem Bondowoso Terapkan Sistem CBT 

berita terkini
siswa SMKN 1 Pakem ikuti PAS model CBT 
ad

BONDOWOSO, (portalindonesia.net) - Kecanggihan teknologi disemua bidang tidak bisa dihindari, termasuk dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) di SMKN 1 Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (29/11/18). 

Untuk menanggapi dan mengikuti kemajuan teknologi tersebut, sekolah yang berada di kaki Gunung Rengganis ini melaksanakan PAS dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). 

Kepala SMKN 1 Pakem, Sigit Hindarum, mengatakan pelaksanaan PAS dengan menerapkan model CBT pada tahun ini, diharapkan dapat lebih memotivasi dan merangsang siswa untuk mengenal dan memahami kemajuan teknologi berbasis komputer. 

"Pelaksanaan PAS dengan model CBT ini sebagai wujud kecintaan kita pada alam semesta. Jika gerakan ini dilakukan secara kolektif maka akan mengurangi penggunaan kertas yang bersumber pada pohon-pohon yang harusnya menjadi penghasil oksigen," kata Sigit. 

Sigit menyampaikan, PAS merupakan serangkaian proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. 

"Tujuan dilaksanakannya PAS ini, diantaranya mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosis kesulitan belajar, dan memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar," beber Sigit. 

Sementara itu, Widi Pratama selaku Ketua Panitia PAS menyampaikan, bahwa salah satu keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini karena usaha kepala sekolah dalam mengupayakan pengadaan komputer dan perangkat internetnya. 

"Semua ini tidak terlepas dari ikhtiar keras kepala sekolah dalam memberikan kenyamanan siswa agar dapat mempunyai pengalaman nyata melaksanakan ujian berbasis komputer," ujar Widi saat melakukan monitoring kegiatan PAS. 

Pantauan portalindonesia.net, dalam pelaksanaan PAS model CBT di SMKN 1 Pakem pada hari pertama, terlihat berlangsung sangat kondusif. Para siswa secara mandiri, tampak begitu antusias dan tenang saat mengerjakan soal ujian berbasis komputer. 

Seorang siswa, Nasirul, mengaku dalam mengerjakan soal ujian model CBTA, selain ada bentuk keantusiasan, juga merasakan ketenangan. 

"Ini pengalaman pertama. Terasa rileks saat saya mengerjakan ujian model CBT ini," ungkapnya. 

Reporter : Candra
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Sempat Beberapa Hari Dibiarkan, Tiang Telkom di Situbondo Telah Diperbaiki
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda