Portal Indonesia
ad

Ratusan Perangkat Desa di Kebumen Unjuk Rasa Minta Kenaikan Siltap

berita terkini
saat aksi demo berlangsung di depan Kantor DPRD Kebumen 
ad

KEBUMEN, (portalindonesia.net) - Ratusan perangkat desa bersama kepala desa menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (30/11/2018) pagi. 

Untuk tiba di depan gedung DPRD Kebumen, para perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indoesia (APDESI) dan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) melakukan konvoi dengan mengendarai sepeda motor. 

Dalam aksinya, massa membakar keranda dan baju keki. Pembakaran tersebut sebagai simbol matinya hati Bupati dan Anggota DPRD Kebumen terkait nasib dan kesejahteraan perangkat desa di Kabupaten Kebumen. 

Mereka menuntut kenaikan penghasilan tetap (siltap) kepala desa dan perangkat desa sesuai dengan besaran upah minimum kabupaten (UMK) Kebumen 2019.

Ketua PPDI Kabupaten Kebumen, Suhardi, mengatakan Pemkab Kebumen enggan melakukan penambahan ADD yang menentukan kenaikan Siltap perangkat desa. 

"Apabila pemerintah menaikkan ADD, terdapat dua keuntungan yang diperoleh sekaligus, yakni peningkatan kinerja perangkat desa dan desa semakin berkembang karena pembangunan meningkat," ungkapnya. 

Suhardi mengecam perilaku DPRD Kebumen yang tidak merealisasikan janjinya yang akan mengawal aspirasi perangkat desa. Ia juga menilai rencana kenaikan ADD sebesar Rp 7 miliar yang akan dimasukkan pada APBD Perubahan 2019, itu masih terlalu lama. 

Sementara itu, Agus Septadi selaku Kabag Humas DPRD Kebumen, saat menemui massa aksi menjelaskan, seluruh anggota DPRD Kebumen, tengah melakukan perjalan dinas ke Jakarta, antara lain Komisi A melakukan kunjungan ke Walikota Jakarta Selatan, Komisi B dan C ke PLN Jakarta, serta Komisi D ke Walikota Jakarta Utara. 

"Apa yang menjadi aspirasi perangkat desa, nanti akan kami sampaikan ke pimpinan dewan," terangnya. 

Tidak berhasil menemui satupun anggota DPRD, massa aksi membacakan pernyataan sikap, selanjutnya aksi massa berpindah ke Gedung Setda Kebumen. 

Saat di Gedung Setda Kebumen, perwakilan massa aksi yaitu Suhardi dan Widodo Sunu Nugroho diterima oleh Asisten I, Asisten II dan Kabag Hukum Setda.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Wabup Pamekasan Terima Penghargaan Bebas BABS Saat Peringatan HKN ke-54 
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Kejari Surabaya Bagikan Ribuan Stiker

Komentar Anda