Portal Indonesia
ad

Tak Kuorum, Raperda APBD Mubar 2019 Kembali Gagal Diputuskan 

berita terkini
Peserta rapat paripurna dua di Kantor DPRD Mubar, Jumat (30/11/2018) 
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Pengesahan rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD Muna Barat (Mubar) atas usulan eksekutif kembali gagal untuk kedua kalinya oleh DPRD Mubar, Sulawesi Tenggara. Alasan gagalnya pengesahan itu dikarenakan kehadiran jumlah anggota DPRD tidak kuorum. 

Plt. Ketua DPRD Mubar, Cahwan, mengatakan, pada rapat paripurna dua yang digelar untuk kedua kalinya tidak bisa mengambil keputusan, karena peserta rapat tidak kuorum. Sehingga pilihannya adalah semua dokumen Raperda APBD Mubar tersebut akan diserahkan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi. 

"Semua peserta rapat hari ini sudah menyetujui, bahwa Raperda APBD Mubar dibawa di Pemprov Sultra. Ini juga sesuai amanah PP nomor 12 tahun 2018 tentang tata tertib DPRD. Insya Allah dalam waktu dekat dokumen Raperda ini kita serahkan ke Gubernur Sulawesi Tenggara," jelas Cahwan saat memimpin sidang paripurna dua yang berlangsung di Kantor DPRD Mubar, Jumat (30/11/2018). 

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Mubar, Achmad Lamani, mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh DPRD. 

"Pembahasan APBD ini sudah begitu panjang. Mulai KUA-PPAS sampai pada rapat paripurna dua ini. Semua langkah sudah dilewati. Tapi satu hal pembangunan terus jalan untuk masa depan Mubar. Kita berharap ada jalan keluar dari persoalan yang ada, karena itu kita tetap berikhtiar untuk daerah ini," ungkap Achmad Lamani. 

Upaya DPRD Mubar mengkomunikasikan hal ini ke Pemprov Sultra merupakan kedua kalinya. Komunikasi pertama dilakukan pada Selasa, 28 November 2018. Hasilnya, Biro Hukum Pemprov Sultra mengarahkan agar digelar rapat paripurna dua yang kedua.

Namun rapat paripurna dua yang kedua juga hasilnya nihil. Peserta rapat paripurna masih tetap 12 orang dan tidak memenuhi kuorum. Akibatnya, DPRD tak bisa menetapkan APBD Mubar 2019.

Pantauan portalindonesia.net, rapat paripurna dua yang kedua terkait Raperda APBD Mubar 2019 dihadiri perwakilan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Polres Ponorogo Gembleng Revolusi Mental ke Anggota
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Mahasiswa di Situbondo Gelar Aksi Damai 

Komentar Anda