Portal Indonesia
ad

Persiapan Hadapi Bencana Alam, Polres Ponorogo Gelar Apel Siaga Terpadu 

berita terkini
Suasana saat apel siaga terpadu berlangsung di Alon-alon Ponorogo.
ad

 

PONOROGO (portalindonesia.net) - Sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi berbagai bencana yang bakal terjadi pada musim penghujan, ratusan personel Polres Ponorogo, TNI Kodim 0802 Ponorogo, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Ponorogo, melaksanakan apel siaga peduli bencana, didepan Paseban Alon-alon Ponorogo, Sabtu (1/12/2018). 

Dalam kegiatan apel siaga terpadu ini, Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant mengatakan, bencana merupakan peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat. 

BACA JUGA: Petani Ponorogo Kompak Gunakan Pupuk Organik Cair

"Faktornya adalah alam atau faktor non alam maupun manusia sehingga mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan jiwa raga. Bahkan dapat berdampak pada psikologi bagi korbannya," ucapnya.  

Kapolres mengatakan, di Ponorogo pernah terjadi bencana seperti tanah longsor kebakaran hutan dan banjir dan lain-lain bencana. 

"Maka hendaknya hal itu dijadikan bekal pengalaman untuk memperbaiki dari aspek manajemen penanggulangan dan penanganan bencana alam bila terjadi sewaktu waktu,” ujarnya. 

BACA JUGA : Polres Ponorogo Gembleng Revolusi Mental ke Anggota

Menurutnya, masyarakat punya peran penting dalam penanggulangan bencana sesuai tugas dan fungsi masing masing. Semua harus terpadu dan berkesinambungan dalam penanggulangan bencana, baik sebelum maupun saat kejadian ataupun setelah kejadian. 

"Kehadiran semua pihak perlu didukung dengan kemampuan dan ketrampilannya, serta sarana dan prasarana yang memadai," tutur AKBP Radiant. 

Dikatakannya, untuk dapat bertindak secara proposional dan profesional, tentunya membutuhkan kemampuan dan ketrampilan. 

"Kemampuan dan ketrampilan itu tidak akan datang begitu saja tanpa pelatihan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak,” pungkasnya. 

 

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Bupati Mubar: Pembangunan Sarpras Sektor kesehatan Terus Digenjot 
Berita Selanjutnya Peringati Hari Anti Korupsi se-Dunia, Mahasiswa di Situbondo Gelar Aksi Damai 

Komentar Anda