Portal Indonesia
ad

Bupati Faida Serahkan Sertifikat Perizinan di Pendapa Wahyawibawagraha Jember 

berita terkini
Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., pada acara penyerahan sertifikat perizinan di Pendapa Wahyawibawagraha
ad

JEMBER, (portalindonesia.net) - Perubahan paradigma memerlukan waktu yang cukup dan perlu konsistensi dalam menjalankan upaya-upaya perubahan tersebut. Hal ini dirasakan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dan disampaikan saat acara penyerahan sertifikat perizinan, Selasa (4/12/2018) di Pendapa Wahyawibawagraha, Jember, Jawa Timur. 

Bupati Faida menjelaskan, konsistensi dapat dilakukan melalui tiga jalur. Pertama, jalur regulasi. Melalui Perda dan Perbup tentang Produk Lokal, Tenaga Kerja Lokal, dan Akses Difabel.

Kedua, dari sisi manajerial. Melakukan sidak ke lapangan untuk memastikan pelaksanaan sudah sesuai tujuan. Seperti saat rekrutmen harus ada pelayanan dari Dispendukcapil dan Dinas Tenaga Kerja. Ketiga, dari sisi edukasi. Melakukan sosialisasi kepada peminta perizinan maupun di sekolah-sekolah. 

"Kita harus punya sikap menggunakan produk lokal. Bukan sekedar masalah konsumsi. Bukan sekedar masalah ekonomi. Tetapi itu adalah suatu sikap bela negara, dengan menggunakan produk lokal," kata Bupati tentang paradigma yang dimaksudnya. 

Bupati Faida mengatakan, tidak mungkin ekonomi kerakyatan bisa bangkit, kecuali dengan sikap mental cinta tanah air.  Mengonsumsi produk-produk lokal supaya UKM dan industri kerakyatan tumbuh berkembang. 

Penyerahan sertifikat perizinan disertai komitmen untuk menyediakan produk lokal di beberapa mal. 

Dalam pembangunan, lanjut bupati, pemerintah dan swasta  harus bersama-sama. Perjanjian dibuat dalam perizinan ini agar investasi bisa menjadi pembangkit ekonomi di Kabupaten Jember. 

Perjanjian itu diantaranya merekrut pegawai-pegawai ber-KTP Jember. Pekerja memiliki kartu kuning untuk menghindari persaingan tidak sehat. 

Layanan publik yang disediakan akses untuk difabel. Dan, dana CSR (corporate social reponbility) harus menjadi solusi bagi masyarakat Jember. 

Penyerahan sertifikat sebanyak 240 izin dan 228 pemohon, yang diantaranya terdiri dari izin lokasi pembangunan perumahan, izin penggunaan pemanfaatan tanah (IPPT), izin fasilitas pembangunan, pembangunan sekolah, izin penyelenggaraan lembaga kursus dan pelatihan, dan IMB. 

Reporter : Lutfi SH
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Setelah Mendapat Pembinaan, Peserta PIWS Sumenep Mulai Buka Usaha Ikan Lele
Berita Selanjutnya Pelaku Asusila Resahkan Warga, Digelandang ke Mapolres Situbondo 

Komentar Anda