Portal Indonesia
ramadhan

Menuju Kampanye Tertib, Panwascam Mlandingan Gelar Rapat Koordinasi 

berita terkini
Kapolsek Mlandingan, Iptu Sugeng Winaro menyampaikan materi pada rapat koordinasi pengawasan partisipatif tahapan kampanye Pemilu 2019 "Menuju Kampanye Tertib". 
222

SITUBONDO, (portalindonesia.net) - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jatim, melaksanakan rapat koordinasi pengawasan Pemilu tahun 2019.  

Rapat yang berlangsung Jumat-Sabtu (7-8/12/2018) di Aula Kantor Kecamatan Mlandingan ini, dihadiri Forpimka Mlandingan, jajaran Panwascam dan PPK Mlandingan, sejumlah Kepala Desa, tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya. 

Pada Jumat (7/12/2018) Panwascam Mlandingan menggelar rapat koordinasi pengawasan Pemilu 2019 dengan mengusung tema "Peran Pemerintah, TNI dan POLRI dalam tahapan kampanye Pemilu tahun 2019". 

Dalam rapat tersebut, sejumlah pemateri menyampaikan beberapa hal kepada peserta, antara lain peran Pemerintah, TNI dan POLRI dalam tahapan kampanye Pemilu 2019, serta pentingnya peran serta masyarakat dalam mewujudkan Pemilu damai, sejuk dan kondusif, jenis-jenis pelanggaran tahapan Pemilu dan mekanisme penanganannya. 

Sedangkan rapat koordinasi pengawasan partisipatif tahapan kampanye Pemilu 2019 yang digelar Panwascam Mlandingan pada Sabtu (8/12/2018), mengusung tema "Menuju Kampanye Tertib". 

Saat berlangsung rapat, Ketua Panwascam Mlandingan, Zaki menyampaikan, bahwa rapat koordinasi yang digelar hari ini, dalam rangka koordinasi dengan stake holder di Kecamatan Mlandingan tentang penindakan pelanggaran Pemilu 2019. 

"Rapat koordinasi kali ini membahas tentang penanganan pelanggaran tahapan kampanye sesuai dengan PKPU dengan harapan dapat meminimalisir potensi terjadinya pelanggaran di Kecamatan Mlandingan," ungkapya, Sabtu (8/12/2018). 

Selanjutnya, pemateri dari Bawaslu Kabupaten Situbondo, Slamet memaparkan tetang dasar hukum pelakasanaan kampanye berikut hal-hal yang merupakan pelanggaran kampanye. 

"Diantaranya, PNS tidak boleh menfasilitasi, berkampanye secara aktif, atau memobilisasi. PNS boleh saja datang ke acara kampanye, asal pasif," ungkapnya. 

Sementara Kapolsek Mlandingan, Iptu Sugeng Winaro menyampaikan peran Kepolisian dalam tahapan kampanye dan prosedur pengamanan dalam kampanye. "Kepolisian akan terus melakukan pemantaun melalui intel terhadap kegiatan kampanye," ucapnya. 

Sebelum rapat koordinasi ditutup, Panwascam Mlandingan melalui Misbahul Munir menyampaikan hasil pengawasan kampanye yang dilakukan pihaknya selama ini di wilayah Kecamatan Mlandingan. 

"Sampai hari ini, pelanggaran yang terjadi di desa-desa di Kecamatan Mandingan masih berupa pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye (APK), diantaranya pelanggaran dalam pemasangan APK di tempat ibadah, di pohon-pohon dan tiang listrik penerang jalan umum. Sedangkan pelanggaran lainnya, belum kita temukan," pungkasnya. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
444
Berita Sebelumnya Pulang Kampung, SBY Ajak Keluarga Saksikan Pemecahan Rekor Muri Tari Rontek 5000 Penari Pacitan
Berita Selanjutnya Go Organik Dalam Perbincangan Pengurus Indonesia Bekerja 

Komentar Anda