Portal Indonesia
ramadhan

Bawaslu Situbondo Tertibkan APK dan BK Secara Serentak, Panwascam Mlandingan Amankan Puluhan APK

berita terkini
Salah satu APK di Desa Selomukti, terlihat ditertibkan oleh Panwascam Mlandingan bersama anggota Polsek, Koramil dan Sat Pol PP Mlandingan. 
222

SITUBONDO, (portalindonesia.net) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) secara serentak di Provinsi Jawa Timur melaksanakan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang melanggar aturan, termasuk di Kabupaten Situbondo. 

Anggota Bawaslu Situbondo Divisi Penindakan Pelanggaran, Fitrianto mengatakan, pelaksanaan kegiatan penertiban APK dan BK di Kabupaten Situbondo, merupakan kegiatan serentak yang juga dilakukan oleh pihak Bawaslu lainnya di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. 

"Kegiatan penertiban APK dan BK di Kabupaten Situbondo, dimulai hari ini di setiap wilayah kecamatan," ungkap Fitrianto,saat dihubungi lewat selularnya, Jumat (14/12/2018).  

Pantauan portalindonesia.net, anggota Panwascam Mlandingan dengan menggandeng anggota Polsek, Koramil dan Sat Pol PP Kecamatan Mlandingan, tampak melaksanakan penertiban APK dan BK disejumlah titik yang tersebar di 7 desa se Kecamatan Mlandingan. 

Ketua Panwascam Mlandingan, Zakkiudin mengatakan, bahwa dalam rangka melaksanakan penertiban APK dan BK yang melanggar hukum di wilayah Kecamatan Mlandingan, pihaknya melakukan penyisiran di 38 titik yang tersebar di 7 desa. 


"Hasil penyisiran di 38 titik di 7 Desa sewilayah Kecamatan Mlandingan, kita berhasil menertibkan puluhan APK dan BK yang dianggap melanggar aturan," ungkap Zakki. 

Pria asal Desa Sumber Pinang ini, menjelaskan bahwa sejumlah APK dan BK yang ditertibkan ini, dinilai telah melanggar UU Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2017, dan Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilu, serta Peraturan Bawaslu tentang Pengawasan Kampanye. 

"Sesuai aturan yang sudah ditentukan, pemasangan lokasi APK tidak boleh disembarang tempat. Namun dalam praktiknya di lapangan, banyak APK yang asal dipasang tanpa koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat. Sehingga kita lakukan penertiban terhadap APK dan BK yang pemasangannya disembarang tempat dan benar benar melanggar aturan," jelas Zakki. 

Lebih jauh, Zakki, menyebutkan APK dan BK seperti sejumlah stiker, spanduk, dan baliho yang melanggar itu, hampir ada di seluruh desa di Kecamatan Mlandingan. 

"Bentuk pelanggarannya, seperti APK yang dipaku di pohon dan diikat menggunakan kawat besi atau tali tampar di pohon, di tiang listrik, serta dipasang di tempat-tempat fasilitas umum," bebernya.

Kegiatan penertiban APK dan BK di seluruh desa di Kecamatan Mlandingan yang dimulai pukul 08.30 WIB hingga sekitar pukul 15.00 WIB, sambung Zakki, berhasil mengamankan puluhan APK dan beberapa BK.

"Sementara untuk jenis APK yang berhasil diamankan, antara lain sebanyak 19 spanduk dan 27 baliho. Sedangkan untuk jenis BK ada 5 stiker branding. Penertiban ini, akan terus kita lakukan secara berkala hingga hari tenang," bebernya. 

Sementara Kasi Tramtib Kecamatan Mlandingan, Andre Setiawan mengatakan, dalam pelaksanaan penertiban APK dan BK pada hari ini, berlangsung kondusif. 

"Alhamdulillah, penertiban APK dan BK di Kecamatan Mlandingan dapat berjalan lancar, aman dan terkendali," pangkas Andre. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
444
Berita Sebelumnya Tagih Janji Bupati Sumenep, KOMPAK Sambut Kedatangan Busyro Karim di Guluk-guluk Dengan Demo
Berita Selanjutnya Diundang Bukber, Ratusan Janda Jompo dan Belasan Anak Yatim di Desa Sumber Wringin Terima Santunan

Komentar Anda