Portal Indonesia
ad

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape 2 Masuk Purworejo Disambut Warga

berita terkini
Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape 2 saat memasuki wilayah Kabupaten Purworejo. 
ad

PURWOREJO, (portalindonesia.net) - Setelah Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni melepas keberangkatan Peleton beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya etape 1 dari Kabupaten Bantul, Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya etape 2 pada Minggu (16/12/18) petang memasuki wilayah Kabupaten Purworejo. 

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya etape 2 yang merupakan pasukan jalan kaki dari Yonif 407 Patma Kusuma itu disambut meriah dengan lampu obor dan bunyi kentongan oleh warga masyarakat sepanjang Jalan Daendels. 

Memasuki halaman SMP Pembaharuan, Desa Wonoroto, Kecamatan Ngombol, dilakukan serah terima dari Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya etape 2 kepada Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya etape 3 yang merupakan Pasukan dari Yonif 405 Surya Kusuma. 

Dalam upacara serah terima Peleton Yudha Wastu Pramuka yang dipimpin oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra K Maroaung SH.,SIK., dilakukan penyerahan 2 pucuk senjata, 2 tabung berisi amanat Jendaral Besar dan ikrar korp infanteri, 1 bendera lambang infanteri, 1 lambang bendera lambang Kodam IV Diponegoro dan tas administrasi staf satuan infanteri. 

Membacakan amanat Danrem 072 Pamungkas, Kapolres Purworejo, AKBP Indra K Marpaung SH.,SIK., menyampaikan bahwa kegiatan Tonting Yudha Wastu Pramuka ini untuk mengenang para prajurit yang bertempur di Ambarawa yang disebut peristiwa Palagan Ambarawa. 

“Peristiwa heroik yang diukir para pendahulu TNI Angkatan Darat dan para pejuang serta para pahlawan bangsa dalam bentuk perlawanan yang tidak mengenal menyerah dan rela berkorban dalam bertempur mengusir musuh yang ingin menjajah kembali persada ibu pertiwi,” tuturnya. 

Sementara itu, Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.SI., menyampaikan bahwa Tonting ini untuk memelihara dan meningkatkan nilai nilai kejuangan, patriotisme, dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan semangat kebanggan korp jiwa korsa dan solidaritas prajurit infanteri. 

“Kegiatan ini merupakan tradisi Korp Infanteri yang dilaksanakan menjelang  Hari Ulang Tahun Corp Infanteri disetiap tanggal 19 Desember, dan untuk wilayah Kodam IV untuk Tahun ini di pusatkan di Kabupaten Pekalongan," pungkasnya. 

 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya 1 Pria dan 2 Wanita Ini Terjerat Kasus Narkoba Divonis 4 Tahun Penjara
Berita Selanjutnya Ratusan Warga Bangsri Geruduk Kantor Desa, Tuntut Kades Mundur

Komentar Anda