Portal Indonesia
ramadhan

Kesbangpol Mubar: Kegiatan Budaya Efektif Ciptakan Kamtibmas 

berita terkini
Ketua Kesbangpol Mubar, La Ode Andi Muna
222

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan kegiatan budaya dinilai efektif menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Menurut Ketua Kesbangpol Mubar, La Ode Andi Muna, dalam kegiatan budaya terkandung nilai-nilai kebaikan. Selain ajaran agama, budaya kearifan lokal warisan para leluhur juga menyampaikan pesan kebaikan.

"Karenanya, untuk menciptakan suasana damai, aman, harmonis dan kondusif di daerah ini, dapat dilakukan melalui pendekatan budaya secara efektif," kata Andi Muna saat ditemui portalindonesia.net, Jumat (21/12/18).

Ia menjelaskan agar suasana kondusif tetap terjaga maka kegiatan yang bernuansa budaya, patut untuk sering diselenggarakan.

"Akhir bulan ini, kita akan selenggarakan lagi permainan modero. Modero ini salah satu wahana untuk merajut silahturahim sesama warga," tuturnya.

Untuk mengoptimalkan kegiatan budaya tersebut, Andi Muna mengaku, pihaknya tengah membangun sarana budaya di Desa Ondoke, Kecamatan Saweregadi.

"Sarana ini nantinya akan menjadi pusat aktivitas budaya dan olahraga masyarakat. Disitu bisa modero, silat muna dan tarian. Selain itu, warga juga bisa berolahraga seperti bulu tangkis, sepak takraw dan jenis olahraga lainnya," beber Andi Muna.

Lebih lanjut Andi Muna mengatakan, upaya itu bertujuan untuk menjaga ketahanan budaya yang dimiliki. Sebab budaya itu merupakan wujud jati diri sebuah daerah.

"Itu identitas kita sebagai suku Muna. Makanya, upaya untuk memelihara budaya terus kita lakukan. Pemda Mubar selalu berikhtiar agar kearifan lokal yang ada tetap lestari," ucapnya.

Menurutnya, dampak positif dari pagelaran budaya tersebut akan terbangun hubungan baik antar masyarakat.

"Lewat momen itu terjalin interaksi dan warga yang satu dengan yang lainnya akan saling mengenal. Suasana keakraban dan hidup harmonis tumbuh di masyarakat," terangnya. 

Pelaksanaan pembangunan di Mubar ini akan berlangsung lancar, sambung Andi Muna, kalau kondisi kamtibmas sudah baik. "Dengan demikian, program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat akan terlaksana dengan baik pula," tutupnya. 

 

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tukang Becak Ponorogo Sumbang Uang Hasil Saweran Ke Sandiaga Uno
Berita Selanjutnya Elan Rajiun

Komentar Anda