Portal Indonesia
Habibie

Pilkades 2019 di 343 Desa, Pemkab Purworejo Kucurkan Dana Rp 5,3 Miliar 

berita terkini
Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo
ramadhan

PURWOREJO, (portalindonesia.net) - Untuk penyelenggaraan Pilkades serentak yang akan diselenggarakan pada 31 Januari 2019 di 343 dari 469 desa yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Pemkab Purworejo mengucurkan sedikitnya anggaran Rp 5,3 miliar. 

Kepala Bidang Kapasitas Kelembagaan Administrasi dan Sistem Informasi Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Puguh Trihatmoko mengatakan, besaran anggaran itu disesuaikan dengan kebutuhan dimasing-masing desa. Kebutuhan anggaran dalam pelaksanaan Pilkades ini mulai dari terkecil senilai Rp 9,3 juta hingga paling besar senilai Rp 33,2 juta.

"Besarannya memang berbeda, tidak ditentukan dari jumlah calon kadesnya, tapi jumlah pemilih. Jadi ada jenjang sesuai jumlah pemilih," ungkap Puguh, Senin (24/12/2018). 

Diakui Puguh, besaran bantuan dari Pemkab memang telah ditentukan, namun tidak menutup kemungkinan adanya kekurangan kebutuhan. Sehingga kekurangan yang ada akan dipenuhi oleh pemerintah desa sesuai alokasi yang telah ditentukan. Ia juga memastikan, bagi pendaftar calon kepada desa tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis. 

"Kita juga telah membuka Posko Pilkades tingkat Kabupaten di Kantor Dinpermades Purworejo dengan anggota dari Dinpermades, Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum di Setda Purworejo,” tandasnya. 

 

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kabupaten Ponorogo Raih Anugerah Kencana 2018 
Berita Selanjutnya Kondisi Diguyur Hujan, Polisi Berhasil Lumpuhkan Pimpinan KKB Abu Razak

Komentar Anda