Portal Indonesia
ad

Selama Tahun 2018, Polres Situbondo Tangani 1.069 Kasus

berita terkini
Konferensi Press Anev Kamtibmas 2018 di Polres Situbondo
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.net) - Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, S.H., S.I.K., M.H., menggelar Konferensi Press Anev Kamtibmas selama tahun 2018  Senin (24/12/2018)

Dalam konferensi press yang dihadiri awak media cetak dan elektronik tersebut, Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Iswahab, SH, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kasat Narkoba dan Kasubbag Humas.

Kapolres menyampaikan bahwa selama tahun 2018 jumlah kriminalitas yang ditangani sebanyak 1.069 kasus, dengan prosentase penyelsaian sekitar 67 persen atau 718 kasus berhasil diproses hingga ke peradilan termasuk 5 kasus korupsi.

Lebih lanjut Kapolres merinci jumlah kasus tindak pidana selama tahun 2018 didominasi pencurian dengan pemberatan sebanyak 155 kasus dan selanjutnya disusul penganiayaan berat 114 kasus, pencurian kendaraan bermotor 28 kasus, perjudian 19 kasus, pencurian dengan kekerasan 16 kasus.

Sedangkan untuk kasus Narkoba selama tahun 2018 ada 30 kasus yang ditangani Satreskoba dan berhasil diselesaikan 23 kasus diantaranya kasus Sabu sebanyak 6 kasus dan Obat Daftar G 17 kasus.

Sementara itu untuk kejadian kecelakaan lalu lintas tahun 2018 ada kenaikan sekitar 0,8 persen dibanding tahun 2017 namun untuk pelanggaran lalu lintas mengalami penururnan cukup drastis yaitu sekitar 30 persen. Hal ini menandakan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan selama berkendara. 

"Secara garis besar untuk situasi kamtibmas diwilayah Kabupaten Situbondo masih kondusif dan aman, keberhasilan ini adalah berkat dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk tokoh agama," kata AKBP Awan Hariono. 

Kamtibmas yang kondusif, tidak dinilai dari satu aspek saja misalnya penegakan hukum namun dalam hal ini Polres Situbondo tetap mengedepankan tindakan pencegahan (preventif) dengan mengintensifkan patroli dan kegiatan sambang Bhabinkamtibmas guna mencegah aksi kejahatan.

"Upaya mencegah kejahatan atau kriminalitas mengedepankan pencegahan dengan sentuhan langsung kepada masyarakat guna membangun kesadaran untuk turut serta memelihara Kamtibmas," terang AKBP Awan Hariono. 

 

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Perayaan Natal Ponorogo Berlangsung Kondusif 
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda