Portal Indonesia
Idul adha

Festival Modero ke Dua di Mubar Resmi Dibuka 

berita terkini
Bupati Mubar, Laode M.Rajiun Tumada pada acara pembukaan Festival Modero ke dua di Taman Budaya
ramadhan

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Festival Pantun Modero ke dua tingkat Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang bertempat di Taman Budaya, Desa Ondoke, Kecamatan Saweregadi, pada Kamis (27/12/18) resmi dibuka oleh Bupati Mubar, Laode M.Rajiun Tumada. 

Dalam sambutannya Bupati Rajiun, mengatakan permainan pantun modero adalah kearifan lokal yang hampir dilupakan oleh masyarakat. Dan dengan festival ini diharapkan modero kembali muncul dan ramai dilakukan.

"Permainan modero sudah jarang dilakukan. Aktif dipermainkan sudah puluhan tahun. Makanya kita harapkan dengan adanya festival ini, modero kembali ramai dilaksanakan," jelas Rajiun dalam sambutannya.

Menurutnya apa yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mubar adalah terobosan yang luar biasa untuk menjaga modero dari kepunahan.

"Karena itu saya berikan apresiasi kepada Badan Kesbangpol Mubar yang telah memprogramkan festival modero menjadi kalender tahunan," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan lancar, aman dan tertib.

"Semoga hingga selesai kegiatan ini tetap berlangsung aman dan tertib," harapnya.

Festival Pantun Modero ini dimulai hari ini dan selesai tanggal 30 Desember 2018. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah desa yang punya kemampuan dalam bermain modero.

Sekedar diketahui permainan modero ialah permainan yang dimainkan dua kelompok yakni kelompok pria dan perempuan. Dua kelompok ini saling berbalas pantun. 

Kemasan bahasa disampaikan dalam bahasa suku Muna. Penyampaiannya harus santun dan pakaian para pemain menggunakan pakaian adat. Isi pantun sendiri bernuansa kasih sayang, hasil pembangunan dan pesan-pesan kebersamaan dan kedamaian.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kasi Intel Kejari Sumenep Dimutasi ke Kejagung
Berita Selanjutnya Jalan Sehat dan Bazar Warga Jl Greja Semarakkan HUT ke-74 RI di Kota Malang  

Komentar Anda