Portal Indonesia
ad

Jaga Kelestarian Alam dan Cegah Pemanasan Global, Kodim 0823 Situbondo Tanam 1621 Pohon Mahoni 

berita terkini
Penanaman pohon mahoni yang dilaksanakan Koramil 0823/13 Mlandingan
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.net) - Dalam rangka menjaga kelestarian alam dan mencegah pemanasan global, Kodim 0823 Situbondo melakukan penghijauan berupa menanam pohon Mahoni secara serentak di sepanjang jalur Pantura Situbondo, Jawa Timur, Jumat (4/01/2019).

Kegiatan penghijauan secara serentak yang bertujuan untuk menjaga udara agar tetap segar, mencegah polusi serta terhindar dari banjir dan tanah longsor ini, diantaranya dilaksanakan oleh 16 Koramil se Kabupaten Situbondo. 

"Penghijauan tersebut merupakan hasil kerja sama Pemprov Jatim dengan Kodam V Brawijaya tahun 2018 di wilayah Kodim 0823/Situbondo dengan jumlah 1.621 pohon Mahoni yang di bagi 16 sektor jajaran Koramil sepanjang jalur Pantura," jelas Kepala Staf Kodim Mayor Kav. Suprapto. 

Lanjut Suprapto, penanaman ribuan pohon Mahoni ini, juga bertujuan untuk mendukung program kerja Komando atas kerjasama dengan Pemprov Jatim.

"Kami harap semua lapisan masyarakat dengan pengawasan dari kepolisian dan personil TNI ikut menjaga dan merawat pohon yang kita tanam untuk kelestarian alam Situbondo," tuturnya.

Sebanyak 1.621 pohon Mahoni yang ditanam di sepanjang jalur Pantura Situbondo dan dilaksanakan oleh 16 sektor jajaran Koramil tersebut, salah satunya adalah Koramil 0823/13 Mlandingan.

Dalam kegiatan menanam pohon Mahoni disepanjang jalur Pantura di wilayah Mlandingan ini, Danramil Mlandingan Kapten Inf Edi Supriono langsung mengkoordinir bersama 8 orang anggotanya. Selain itu, turut terlibat Forpimka Mlandingan bersama lintas Sektor se Kecamatan Mlandingan.

“Kami bersama Kapolsek beserta anggotanya dan Pak Camat, Kepala Desa Selomukti dan jajarannya juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan penanaman 150 pohon Mahoni ini. Kita semua tahu Situbondo pernah dilanda banjir beberapa kali, Diharapkan dengan penanaman pohon akan mencegah banjir maupun tanah longsor, serta bermanfaat bagi generasi mendatang," ungkap Damramil Kapten Inf Edi Supriono. 

Lebih jauh, Kapten Inf Edi Supriono menuturkan, penanaman pohon yang merupakan program kerja sama antara Pemprov Jatim dan Kodam V/Brw ini, memiliki tujuan untuk mengurangi polusi sepanjang jalan Pantura. 

"Karena dengan penanaman pohon jenis Mahoni akan menyerap CO2 dan menghasilkan O2 atau Oksigin," jelasnya. 

Masih kata Danramil, penanaman pohon Mahoni di sepanjang jalur Pantura Mlandingan ini, untuk menahan agar tanah di kanan kiri jalan tidak mudah tergerus air hujan dan pada musim kemarau dapat memberikan kesejukan bagi pengguna jalan raya dan masyarakat sekitarnya.

"Selain menanam, tugas kita adalah merawat dan menjaga agar pohon yang kita tanam dapat tumbuh, kepada masyarakat diharapkan ikut menjaga, jangan sampai tanaman pohon yang sudah kita tanam mati, dirusak atau dicabut," tegasnya. 

Kapten Inf Edi Supriono menambahkan, rencana kedepan akan dilakukan pemeliharaan dan pengawasan. "Apabila ada yang mati akan di sulam atau ditanam kembali," pungkasnya.

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Kejaksaan Nyatakan Berkas Perkara Ahmad Dhani P21
Berita Selanjutnya Badan Amil Zakat Nasional Adakan Pelatihan Jahit di Kota Bekasi

Komentar Anda