Portal Indonesia
ramadhan

Kenalkan Tanaman Buah, Siswa TK Siwi Asih Di Purworejo Diajak Ke Kebun Kelengkeng 

berita terkini
Siswa TK Siwi Asih, Desa Ketosari, Kecamatan Bener, saat berada di kebun Kelangkeng 
222

PURWOREJO, (portalindonesia.net) - Guna mengenalkan peserta didik pada lingkungan sekitar, TK Siwi Asih, Desa Ketosari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, mengadakan kegiatan edukasi lingkungan dengan mengenalkan tanaman buah jenis Kelengkeng, Sabtu (5/1/2019). 

"Kegiatan di luar seperti ini sangat penting dilakukan. Sebab, anak akan makin banyak memahami lingkungannya," tutur guru TK Siwi Asih, Ulaika Rusana, S.Pd.AUD. 

Sementara untuk pengenalan pada fauna meliputi tanaman buah jenis Kelengkeng. "Untuk mengenalkan tanaman Kelengkeng ini, kita ajak anak didik secara langsung ke kebun Kelangkeng yang berada di Dusun Pacalan, Desa Mudal Rejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo," terangnya. 

Menurut wanita yang akrab disapa Ibu Uli ini, kegiatan luar kelas memang menjadi agenda yang cukup rutin dilakukanTK Siwi Asih. 

"Tadabur alam menjadi hal yang perlu dikenalkan sejak kanak-kanak. Sehingga dapat merangsang dan memotivasi anak didik untuk bisa merenungkan, memikirkan dan menghayati apa yang diperoleh dari edukasi alam ini," bebernya. 

Uli menyebutkan, ada puluhan murid berikut orang tua/wali murid yang ikut serta dalam kegiatan edukasi lingkungan ke kebun Kelengkeng tersebut. 

"Saya datang ke sini bersama sama murid berserta walinya sebayak 20 orang," ungkapnya. 

Sementara itu, pemilik kebun Kelengkeng, Nurcholip (35) atau akrab disapa mas Ronal, mengatakan di atas tanah seluas 2 hektar ini, terdapat kurang lebih 500 pohon buah Kelengkeng. 

"Saya tanam pohon buah kelengkeng ini kurang lebih 500 pohon dengan luas lahan sekitar 2 hektar," ungkap Ronal, saat ditemui portalindonesia.net, di kebunnya. 

Lanjut di sampaikan Ronal, siapa saja boleh datang dan bisa memetik langsung buah di kebunnya. "Buah kelengkeng ini saya jual Rp40 ribu per kilo. Harga ini sama dengan harga di pasaran," pungkasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jaga Komitmen, Koalisi AMY Jalin Silaturahmi
Berita Selanjutnya Pendaftaran Pengisian Los dan Kios Pasar Baledono Diperpanjang

Komentar Anda