Portal Indonesia
ad

Warga Kota Timur Besuki Mengeluh, 7 Hari Sampah Depan Rumah Tak Diangkut

berita terkini
Sampah yang belum diangkut di Dusun Kota Timur RT 2 RW 3, Desa Besuki
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.net) -  Sudah kesekian kalinya sampah di lingkungan Dusun Kota Timur RT 2 RW 3, Desa/Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, tak diangkut oleh petugas kebersihan. 

Akibatnya warga di lingkungan tersebut mengeluh karena sampah yang belum diangkut itu menimbulkan bau yang tidak sedap dan pemandangan tak nyaman. 

Seorang warga setempat, Sumintoro (47), mengatakan sudah seminggu terakhir sampah-sampah yang sudah dikumpulkan di keranjang dan karung oleh warga di depan masing masing rumahnya, tidak terangkut. 

"Sudah satu minggu sampah di depan rumah tidak diangkut oleh petugas kebersihan. Warga di sini jadi resah," ungkap Sumintoro, Rabu (9/1/2019) 

Menurut Sumintoro, tidak diangkutnya sampah itu, menimbulkan bau yang tidak sedap dan menjadikan lingkungan di tempat tinggalnya kurang bersih serta tidak nyaman. "Padahal untuk hal ini, kami rutin melakukan iuaran bulanan," tandasnya. 

Lebih jauh, Sumintoro mengatakan, awal kali terjalin kerja sama dengan pihak kebersihan di Besuki, sampah selalu diangkut setiap hari oleh petugas kebersihan. Namun setelah cukup lama berjalan, petugas mengangkut sampah setiap dua hari sekali dan sejak dua bulan terakhir ini sampah diangkut oleh petugas kebersihan setiap 3 hari sekali. 

"Kini sudah sampai satu minggu, sampah-sampah itu tak kunjung diangkut," keluhnya. 

Sumintoro menambahkan, lambatnya pengangkutan sampah ini, bukan untuk yang pertama kalinya. "Ini sudah beberapa kali terjadi," imbuhnya. 

Lantaran sampah di lingkungan tersebut lambat diangkut, membuat sejumlah warga melaporkannya kepada petugas kebersihan setempat. 

"Hal ini sudah dilaporan ke koordinator kebersihan wilayah Besuki, tapi tidak ditanggapi," ungkap seorang purnawirawan H Adianto, yang tempat tinggalnya tak jauh dengan rumah Sumintoro. 

Ia warga lainnya di lingkungan tersebut mengharapkan ada perhatian dari petugas yang biasa mengangkut sampah tersebut.

"Kami mengharapkan bisa segera diangkut, harapan warga lainnya tentu saja demikian. Lihat saja sampah-sampah itu, apakah bagus pemandangan demikian," imbuhnya.

Dihubungi lewat selulernya, Koordinator Kebersihan wilayah Besuki dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo, Abdullah, mengatakan sampah tidak terangkut selama beberapa hari dikarenakan kontrak lahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di daerah Pesisir Besuki sudah habis dan belum.lsma ini, baru mendapatkan lahan pembuangan sampah yang baru. 

"Kontrak TPS di Pesisir sudah habis beberapa waktu lalu dan sekarang kami sudah dapat lahan untuk TPS di Desa Jetis," ungkapnya. 

Atas keterlambatan pengangkutan sampah di lingkungan Dusun Kota Timur RT 2 RW 3, Abdullah menyampaikan permintaan maaf. "Atas keterlambatan pengangkutan sampah itu, kami mohon maaf. Sampah di RT 2 RW 3, Kota Timur, akan diangkut besok (Kamis, 10-1-2019)," pungkasnya. 

Reporter : Abdul Hakim
Editor :
ad
Berita Sebelumnya Disbupar Kota Malang Sosialisasikan Tentang Teknis Bantuan Anggaran
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda