Portal Indonesia
ramadhan

Bawaslu Mubar Ingatkan Peserta Pemilu Patuhi Aturan Pemasangan APK 

berita terkini
Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Mubar, Wa Ode Muniati Rigato 
222

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara mengingatkan peserta pemilu agar mematuhi aturan pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Menurut Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Mubar, Wa Ode Muniati Rigato, lokasi pemasangan APK untuk peserta pemilu telah diatur oleh KPUD. Karena itu, tidak ada alasan lagi bagi peserta pemilu untuk memasang APK diluar ketentuan yang ada.

"Kita harapkan agar kontestan yang memasang APK sesuai titik yang telah ditentukan. Bila ada peserta pemilu yang melanggar aturan itu maka akan diberikan peringatan tertulis. Dan jika peringatan tertulis tersebut juga tidak diindahkan maka langsung ditertibkan," tegas Muniati saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (9/1/19).

Kata dia, terkait pemasangan APK ini, pihaknya sudah memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan pengawasan.

"Pengawas yang ada di tingkat kecamatan dan di desa sudah diarahkan untuk mengawasi kegiatan pemasangan APK. Tujuannya adalah supaya APK peserta pemilu dapat dipasang pada lokasi yang disediakan," lanjutnya.

Selain itu, jelas Muniati, fokus pengawasan lembaganya saat ini pada pelaksanaan kampanye baik itu pertemuan terbatas atau pun acara tatap muka. 

"Ini juga pusat perhatian kita. Kita inginkan peserta pemilu melakukan kampaye sesuai rambu-rambu. Jangan ada kampanye terselubung dengan memanfaatkan acara silaturahim. Semua yang berbau kampanye harus minta izin kepada pihak kepolisian dan ditembuskan kepada KPUD dan Bawaslu," terangnya.

Ia mengatakan upaya ini dimaksudkan agar semua tahapan Pemilu 2019 dapat berjalan aman dan lancar. Pemilu 2019 akan akan terselenggara dengan sukses manakala didukung oleh  peserta pemilu dan elemen lainnya.

"Terlaksananya pemilu yang baik dan berkualitas bukan semata tanggung jawab Bawaslu. Akan tetapi hal ini merupakan tanggung jawab bersama termasuk didalamnya para kontestan. Makanya kita selalu himbau agar kontestan menaati semua aturan yang ada. Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini secara bersama-sama," pintanya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Dekan Fisip UHO, Lantik Pengurus DPM Dan BEM Fisip
Berita Selanjutnya Pendaftaran Pengisian Los dan Kios Pasar Baledono Diperpanjang

Komentar Anda