Portal Indonesia
ad

Bentuk Relasi, KPUD Mubar: Ada Empat Hal Ingin Dicapai

berita terkini
Kordinator Divisi Manajemen SDM dan Partisipasi Masyarakat, KPUD Mubar, La Ode Muh Nuzul
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara segera membentuk relawan demokrasi (Relasi). 

Kordinator Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, KPUD Mubar, La Ode Muh. Nuzul, mengatakan tugas Relasi yang akan dibentuk ini adalah memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada 10 basis pemilih.

"Sasaran kita adalah basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan dan penyandang disabilitas," sebutnya.

Selain itu, Nuzul menjelaskan, basis lainnya ialah basis pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan  basis warganet.

"Sebenarnya ada 11 basis. Tapi karena basis relawan demokrasi (Relasi) sebagai subjek, maka yang menjadi sasaran hanya 10 basis. Kegiatan ini merupakan amanah PKPU Nomor 10 tahun 2018 pada pasal  5 ayat 1 huruf a," paparnya.

Kata dia, dari sosialisasi dan pendidikan pemilih yang akan dilakukan Tim Relasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses demokrasi; meningkatkan partisipasi pemilih; meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu.

"Empat hal itu yang ingin dicapai. Makanya kita sangat berharap Relasi yang dibentuk ini dapat bekerja maksimal untuk mewujudkan hal tersebut," beber Nuzul via whatsappnya, Kamis (10/1/19).

Ia menambahkan secara keseluruhan personil Relasi berjumlah 55 orang.

"Jumlah ini merupakan representasi dari seluruh basis pemilih dengan ketentuan setiap basis minimal 4 orang," imbuhnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Tolak Rencana Eksploitasi Tanah, Ratusan Warga Wadas Datangi Kantor Bupati Purworejo
Berita Selanjutnya Ratusan Warga Bangsri Geruduk Kantor Desa, Tuntut Kades Mundur

Komentar Anda