Portal Indonesia
ad

Pembangunan Underpass Karanglo Malang Dibangun, Sosialisasi Dipercepat

berita terkini
Desain underpass
ad

MALANG RAYA, (portalindonesia.net) - Dihadiri oleh pihak Dishub Provinsi Jawa Timur, Kanit Lantas 3 wilayah, Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu, serta para perwakilan pengusaha disekitar area terdampak terkait proses adanya pembangunan underpass. Sehingga sosialisasi yang digelar oleh PT Jasa Marga dipercepat pada Kamis (10/01/2019) di Kantor PT Jasa Marga area Karanglo, Kabupaten Malang. 

Hasil sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman pada masyarakat terkait persiapan pembangunan underpass yang dimulai hari Jumat (11/01/2019). 

Ketika sosialisasi, Humas PT Jasa Marga, Agus Tri menjelaskan, bahwa posisi exit tol Pandaan-Malang membutuhkan underpass alternatif pengurai kemacetan. Arus lalu lintas dari exit tol bisa langsung ke arah Kota Batu, dan ke kiri arah kota Malang. Sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas dari arah Surabaya - Malang maupun sebaliknya. 

Salah satu perwakilan dari Graha Kencana yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Kunto menyampaikan bahwa dengan adanya pembangunan underpass itu jauh lebih murah biayanya dibanding dengan pembuatan jalan layang. 

"Kemaren dijelaskan oleh pihak PT Jasa Marga dalam sosialisasinya, waktu pembangunan underpass itu jauh lebih cepat dibanding pembangunan flyover," kata Kunto saat dihubungi awak media ini, Jumat (11/01/2019). 

Ditambahkan, pembangunan pembuatan underpass jauh lebih murah. Menurut perhitungan Jasa Marga Pandaan - Malang, dalam sosialisasi kemaren disampaikan, pembangunan underpass kurang dari Rp 80 miliar. Jika dibangun flyover di perempatan Karangloh itu butuh anggaran Rp 250 miliar dengan waktu pengerjaannya jauh lebih lama.

‘’Karena itu, dipilih underpass dengan waktu pengerjaannya lebih cepat. Maka ini sangat membantu kepentingan para masyarakat terkait dampak area,’’ ungkap Kunto. 

Untuk diketahui, bahwa secara teknis, underpass Karanglo akan dibangun sepanjang 343 meter, meliputi bentang pada sisi utara (arah Malang) sekitar 152 meter, bentangan tengah (persis posisi terowongan) 38 meter, dan bentang sisi selatan (arah Surabaya) 153 meter.

Pembangunan underpass terdiri dari 2 jalur dengan kapasitas 4 lajur dengan lebar lajur  3,5 meter. Sehingga arus lalu lintas dari dan ke Malang lebih leluasa lewat underpass Karanglo.

Hari ini, proses pembangunan underpass mulai dalam pengerjaan, tentunya para pengguna jalan diharapkan lebih hati hati. Akibat pembangunan underpass ini pula, macet menjadi pemandangan sehari-hari di ruas jalan Singosari-Karanglo, arah Malang - Surabaya dan sebaliknya, diperkirakan pemandangan macet pagi hingga malam hari.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya Tiga Pemuda Penjual Sabu di Surabaya Diadili
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda