Portal Indonesia
ramadhan

Abu Bakar Mundur Dari Caleg, KPUD Mubar: Statusnya Diputuskan Pekan Depan

berita terkini
Ketua KPUD Mubar, Awaludin Usa
222

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara, tengah memproses pengunduran diri Caleg dari PDI - Perjuangan, La Ode Abu Bakar.

Menurut Ketua KPUD Mubar, Awaludin Usa, terkait pengajuan pengunduran diri La Ode Abu Bakar tersebut pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada sejumlah pihak.

"Pengajuan surat pengunduran diri La Ode Abu Bakar sebagai Caleg PDI-P masuk di KPUD Mubar tiga hari yang lalu. Menindaklanjuti hal itu kita akan konfirmasi ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Mubar. Klarifikasi terhadap lembaga itu untuk memastikan apakah yang bersangkutan lulus seleksi CPNS tahun 2018 atau tidak. Sebab alasan mundur dari Caleg karena dirinya lulus seleksi CPNS. Kita juga akan minta klarifikasi kepada pimpinan DPC PDI-P Mubar. Pihak-pihak yang memberikan klarifikasi tersebut akan menandatangani berita acara klarifikasi. Seperti itu prosedurnya," jelas Awaludin saat  konferensi pers, Jumat (11/1/19) di ruang kerjanya.

Lanjut Awal sapaan akrab Awaludin itu, bila sudah selesai klarifikasi maka akan dilanjutkan dengan pleno ulang penetapan daftar calon tetap (DCT).

"Insya Allah plenonya akan dilakukan pekan depan. Pleno itu akan mencoret nama Abu Bakar dalam DCT PDI-P pada daerah pemilihan dua, calon legislatif tahun 2019. Jadi pleno itu merubah surat keputusan DCT yang telah ditetapkan sebelumnya," paparnya.

Kata Awal, setelah keputusan itu keluar, status La Ode Abu Bakar bukan lagi sebagai Caleg. Pasalnya, yang bersangkutan telah resmi dikeluarkan dari DCT Caleg PDI-P daerah pemilihan dua.

"Meski demikian nama La Ode Abu Bakar dalam surat suara  masih tercantum. Namanya sudah masuk dalam desain spesimen surat suara. Jadi namanya sudah tidak bisa dihapus karena surat suara calon legislatif (Caleg) tingkat kabupaten saat ini dalam proses percetakan. Jika saat pencoblosan, ternyata La Ode Abu  Bakar masih dicoblos juga maka suaranya menjadi milik partai," ungkap Awal.

Ia mengatakan, upaya tersebut untuk menghindari munculnya masalah dikemudian hari. Karena itu bila ada kasus serupa yang terjadi di partai lain segera dilaporkan di KPUD Mubar.

"Ketika ada Caleg yang sudah tidak memenuhi syarat lagi maka partai segera melaporkan kepada KPUD Mubar. Kriteria Caleg yang tidak memenuhi syarat itu ada empat yakni meninggal dunia, mengundurkan diri, statusnya beralih jadi aparatur sipil negara atau sudah  berstatus TNI/Polri dan menjadi terpidana dengan putusan pengadilan yang inkrah," imbuhnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Mahasiswa UNUHDA Gelar Festifal Warung Desain Arsitektur Kearifan Lokal
Berita Selanjutnya Pendaftaran Pengisian Los dan Kios Pasar Baledono Diperpanjang

Komentar Anda