Portal Indonesia
ad

Seorang Oknum Kades Akan Dipecat dan 2 Kades Nakal Dalam Proses, Ini Penjelasan Kepala DPMD Situbondo

berita terkini
Kepala DPMD Kabupaten Situbondo, Suradji
ad

SITUBONDO, (portalindonesia.net) - Masyarakat Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dikejutkan dengan kabar tak sedap terkait berita seorang oknum kepala desa (Kades) akan diberhentikan dan kasus dua oknum Kades nakal yang ramai diperbincangan baik di tengah-tengah masyarakat maupun media sosial (medsos). 

Informasi dihimpun portalindonesia.net pada Jumat (11/1/2019), oknum seorang kepala desa yang akan diberhentikan ini, adalah Kades Gadingan, Kecamatan Jangkar. Sedangkan kasus 2 oknum kepala desa yang telah ditangani Inspektorat Kabupaten Situbondo, adalah oknum Kades Kalianget, Kecamatan Banyuglugur dan oknum Kades Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suradji menjelaskan, sebagai langkah untuk menindaklanjuti surat rekomendasi Camat Jangkar tentang pemberhentian Kades Gadingan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi. Pada rapat terakhir dipimpin oleh Asisten 1. 

“Menindaklanjuti atas rekomendasi Camat Jangkar tentang pemberhentian Kades Gadingan telah dirapatkan melalu rapat koordinasi. Hasil dari rapat koordinasi tersebut langsung disampaikan ke bapak Bupati, untuk ditindak lanjuti mungkin dengan SK Pemberhentian dari sisi disiplinnya. Kasus oknum Kades Gadingan sendiri sudah dilimpahkan oleh Inspektorat kepada Aparat Penegak Hukum,” jelas Suradji. 

Suradji menambahkan, oknum Kades Gadingan diusulkan pemberhentian oleh Camat Jangkar, karena dianggap lalai dalam hal administrasi. Untuk kasus lainnya apakah ada temuan terkait pengguna anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) sudah diserahkan ke Inspektorat. 

“Oknm Kades Gadingan tak kunjung menyelesaikan SPJ penggunaan ADD/DD tahun 2017. Bahkan yang bersangkutan terkesan lari dari tanggung jawab dan menghilang hingga kini ini tidak diketahui keberadaannya,” ungkapnya.

Saat disinggung tentang kasus oknum Kepala Desa Kalianget dan Desa Tanjung Pecinan yang diperbincangkan masayarakat dan ramai di medsos, Kadis DPMD Situbondo menyampaikan, bahwa kasus dua desa tersebut sudah ditangani Inspektorat Situbondo. 

“Pernah saya datangi kedua desa tersebut terkait pengerjaan yang belum selesai, sementara keuangan sudah selesai dicairkan seluruhnya. Karena kedua oknum kades tersebut juga tidak mengindahkan himbauan, maka saya minta Inspektorat melakukan audit khusus. Hasilnya masih nunggu Inspektorat,” beber Suradji.

Pihak DPMD saat ini sudah mulai menagih laporan akhir tahun dari tiap desa. Jiika kemudian ada desa yang tidak menyerahkan laporan akhir tahu, maka nantinya DPMD akan mengirim surat kepada Inspektorat untuk dilakukan audit. 

 

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya DPO Kasus Pencurian HP 4 TKP Diciduk Satreskrim Polres Situbondo 
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda