Portal Indonesia
Idul adha

Mahasiswa KKN UNARS Situbondo Kunjungi Pembuat Songkok

berita terkini
Mahasiswa KKN. UNARS Situbondo saat menyaksikan proses pembuatan songkok
ramadhan

SITUBONDO,(portalindonesia.net) - Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh (UNARS) yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) mengunjungi pembuat songkok yang berada Desa Tenggir, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin (14/01/2019). 

Salah satu peserta KKN, Hari Sampurno, menyampaikan kebanggaan dirinya atas kekreatifan warga dalam membuat songko,

Pria yang duduk di Fakultas Hukum UNARS ini juga mengaku kagum dan mengapresiasi atas ide-ide yang dimunculkan oleh pembuatnya. 

“Saya sebagai mahasiswa sangat mengapresiasi dengan adanya kekreatifan dan ketrampilan warga di desa tempat saya melaksanakan KKN ini dalam membuat songkok yang bermotif batik, Selain menampilkan gaya baru di bidang produksi dan perdagangan, bisa juga meningkatkan nilai taraf ekonomi masyarakat sekitar," ungkapnya. 

Tak hanya itu, dirinya juga mengakui terkait perijinannya dalam tahap proses sehingga dengan kelengkapan ijin tersebut lebih leluasa dalam pemasarannya.

Sementara seorang pembuat songkok, Rasidi, mengatakan pembuatan songkok dengan bahan dasar kain dan bermotif batik ini, terinspirasi ketika mondok di pesantren.

“Sejak dua tahun saya sebagai pengusaha mebeller dan sudah puluhan tahun saya sebagai penjahit pakaian, celana, juga seragam sekolah. Nah, sejak itulah saya tterinspirasimas," ungkapnya.

Menurutnya, dari pada kain sisa jahitan tak terpakai lebih baik dimanfaatkan untuk sesuatu yang bisa menambah pendapatan.

"Dari pada kain sisa jahitan tak terpakai, lebih baik saya manfaatkan untuk membuat songkok dengan motif batik," jelas Rasidi.

Rasidi menambahkan, produk dongkol yang dibuatnya nemiliki aneka warna sesuai pesanan. Harganya variatif, mulai dari Rp 50 ribu hingga 70 ribu per songkok.  

"Sejak dua bulan ini, pesanannya hingga keluar daerah terutama di kalangan pondok pesantren yang ada di Situbondo," pungkasnya.

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Warga Kepanjen Malang Temukan Mayat Terapung di Dam Sungai Molek
Berita Selanjutnya Semarak HUT ke-74 RI di Besuki, Warga Antusias Ikuti Senam Kemerdekaan

Komentar Anda