Portal Indonesia
IKLAN HPN

Cepat Dapatkan E-KTP, KPUD Mubar Minta Pihak Sekolah Fasilitasi Siswanya 

berita terkini
Siswa SMA 1 Wadaga yang ikut sosialisasi 
ad

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara meminta pihak sekolah agar memfasilitasi siswanya yang mengurus E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Menurut Kordinator Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, KPUD Mubar, La Ode Muh Nuzul, upaya tersebut dimaksudkan untuk mempercepat pengurusan E-KTP bagi siswa-siswinya. Sebab saat ini banyak siswa  E-KTPnya sampai saat ini belum dicetak.

"Siswa SMA itu sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka masuk sebagai pemilih pemula. Agar dapat menyalurkan hak pilihnya pada saat hari H maka harus memiliki E-KTP. Jika tidak punya E-KTP maka tidak bisa memilih," tegas Nuzul saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (17/1/19).

Ia mengatakan pimpinan SMA seluruh Mubar agar hal ini menjadi  perhatian untuk  segera diselesaikan.

"Informasi yang kita dapatkan bahwa mereka sudah melakukan perekaman, namun sejauh ini E-KTP itu belum terbit. Karenanya kita sarankan supaya hal ini cepat diselesaikan sebelum hari pencoblosan," tandasnya.

Lanjut dia, pihaknya mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Mubar yang memprioritaskan pelayanan E-KTP buat pemilih pemula.

"Kita sangat apresiasi atas kepedulian instansi terkait yang mengutamakan pelayanan E-KTP kepada siswa sebagai pemilih pemula," katanya.

Nuzul menambahkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih bagi basis pemilih pemula lembaganya tengah aktif mensosialisasikan perihal kepemiluan kepada pemilih pemula yang ada di sekolah-sekolah.

"Saat ini kita sosialisasi di sekolah -sekolah. Materi sosial berkaitan dengan pentingnya partisipasi masyarakat termasuk pemilih pemula; tidak melakukan pelanggaran dan terlibat pada praktik politik uang. Usai sosialisasi kepada pemilih pemula kita juga sosialisasi kepada kelompok perempuan dan pemilih disabilitas," terangnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
INAKER
Berita Sebelumnya Diguyur Hujan Deras Selama 2 Hari, 32 Desa Di Purworejo Terendam Air 
Berita Selanjutnya Dari Niat Tulus Bersedekah, Posko Logistik Syafa'at di Acara Munajat Akbar 212.

Komentar Anda