Portal Indonesia
Idul adha

Berkas Pungli Anak Buah Pakde Karwo Dilimpahkan Ke Pengadilan Tipikor

berita terkini
Kasi Pidsus Kejari Surabaya, Heru Kamarullah
ramadhan

SURABAYA, (portalindonesia.net) - Setelah sempat tertunda selama satu hari, Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya akhirnya melimpahkan berkas kasus pungli yang menjerat Cholik Wicaksono, Anak Buah Gubernur Jatim, Soekarwo yang bertugas sebagai Kepala Seksi (Kasi) Evaluasi dan Pelaporan Bidang Pertambangan di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprop Jatim.

"Tadi siang sekitar jam sebelasan, Berkas Perkara atas nama tersangka Cholik Wicaksono sudah kami limpahkan ke Pengadilan Tipikor Surabaya," terang Kasi Pidsus Kejari Surabaya saat dikonfirmasi portalindonesia.net, Selasa (22/1).

Dalam kasus ini, Warga Jagir Sidosermo Surabaya ini  disangkakan melanggar 12 huruf e dan pasal 11 UU Tipikor Juncto 55 KUHP.

"Setelah kami limpahkan, selanjutnya masih menunggu jadwal persidangannya," ujar Heru.

Saat ditanya apakah ada peran tersangka lain dalam kasus ini, Heru mengaku hanya menerima berkas satu tersangka saja.

"Yang kami terima hanya satu berkas saja," pungkasnya.

Heru pun mengklarifikasi, jika perkara ini bukanlah Pungli. "Melainkan kasus penyalahgunaan wewenang dalam bentuk pemerasan terhadap pemohon perijinan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Saat kasus pungli ini dilimpahkan ke Kejari Surabaya, Cholik Wicaksono langsung ditahan. Meski sebelumnya, anak buah Pak De Karwo, Sapaan akrab Gubernur Jatim Soekarwo ini tidak ditahan saat proses penyidikan oleh Polda Jatim.

Cholik Wicaksono terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Polda Jatim di Kantor ESDM di Jalan Tidar No 123 Surabaya pada akhir Desember 2018.

Dalam OTT tersebut, Polda Jatim menemukan uang sebesar Rp30 juta dari tangan Cholik yang merupakan hasil pungli dari pengusaha yang terkait pengurusan ijin.

 

Reporter : Fauzi/Makmun
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kejari Surabaya Tahan Dua Tersangka Kejahatan Pajak
Berita Selanjutnya Warga Kutamakmur Keluhkan Bau Busuk Limbah, Ini Tanggapan PT. IBAS

Komentar Anda