Portal Indonesia
Idul adha

Tahun 2018, Pemda Mubar Bangun 483 Rumah Warga 

berita terkini
Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Mubar, La Ode Butolo 
ramadhan

MUNA BARAT, (portalindonesia.net) - Pemerintah Daerah Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara pada tahun 2018, telah membangun sebanyak 483 unit rumah untuk masyarakat. 

Demikian pernyataan yang disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Mubar, La Ode Butolo, saat ditemui portalindonesia.net, diruang kerjanya, Rabu (23/1/19).

Ia mengatakan, sebanyak 483 buah rumah warga tersebut dibangun melalui Program Stimulan Perumahan Swadaya (PSPS).

"358 unit rumah merupakan program reguler. Sebanyak 100 unit rumah lewat program strategis dan 25 buah rumah dianggarkan melalui APBD-P dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara. Semua program perumahan tersebut telah diselesaikan dengan baik," jelas Butolo. 

Sumber anggaran PSPS ini, kata Butolo, berasal dari dua sumber. "Sumber anggaran PSPS, berasal dari dana alokasi khusus (DAK), dan dana alokasi umum (DAU) tahun 2018," ujarnya. 

Butolo mengungkapkan, pada tahun ini, pihaknya juga membangun jalan lingkungan. "Jalan lingkungan ini dibangun di Desa Tanjung Pinang - Rogo sepanjang 650 meter dan 750 meter dibuat di Kelurahan Tiworo," ungkapnya.

Selai itu, sambung Butolo, tahun ini ada pengadaan tangki septik dan IPAL. "Untuk tangki septik sebanyak 5 unit. 5 unit ini melayani 25 kepala keluarga. Sedangkan untuk IPAL totalnya diperuntukkan kepada 50 kepala keluarga," tuturnya.

Lanjut dia, pengadaan tangki septik ini dibangun disejumlah desa, antara lain di Kelurahan Tiworo, Kelurahan Wamelai dan Kelurahan Guali.

"Sementara untuk pembangunan IPAL dibangun di Desa Madampi, Desa Lalemba, Desa Latugho, Desa Suka Damai, Desa Lakanaha, dan Desa Wakontu," beber Butolo.

Butolo berharap, bantuan yang diberikan oleh Pemda Mubar tersebut dapat memberikan nilai manfaat buat warga. "Setelah diserahterimakan oleh bapak bupati hari ini, kita harapkan warga dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya dan dilakukan perawatan supaya bisa digunakan dalam jangka waktu lama," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Madampi, La Umer saat dimintai tanggapannya mengenai program di desanya menjelaskan bangunan yang dilakukan oleh Pemda Mubar, manfaatnya  cukup dirasakan warganya.

"Manfaatnya sangat dirasakan oleh warga. Kita pemerintah desa sangat berterimakasih dengan kepedulian pemerintah atas pembangunan dibidang sanitasi ini. Sekali lagi kita ucapkan terima kasih," ucapnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Saat Persidangan, Ini Pengakuan Kurir Kirimkan Ratusan Butir Pil Ekstasi Di Surabaya 
Berita Selanjutnya Semarak HUT ke-74 RI di Besuki, Warga Antusias Ikuti Senam Kemerdekaan

Komentar Anda