Portal Indonesia
ramadhan

Polres Ponorogo Ringkus Pengedar Pil Koplo

berita terkini
Tersangka saat diamankan di Polsek Siman, Ponorogo
222

PONOROGO (portalindonesia.net) - Polres Ponorogo, Jatim tampaknya sangat serius dalam pemberantasan Obat-obatan terlarang. Terbukti pada Senin (28/1/2018) sekitar pukul 12.00 WIB, Polres Ponorogo berhasil mengungkap kasus tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat dan mutu sebagaimana dimaksud dalam pasal 196 dan 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Menurut Kapolsek Siman AKP Dwi Agus Cahyono, tersangka ABH telah mengedarkan Pil warna putih yg pada salah satu permukaan nya terdapat logo 'LL'. "Padahal pil 'LL' termasuk dalam obat daftar G/obat keras label merah yang diedarkan/jual secara bebas kepada warga masyarakat khususnya," tandas AKP Dwi Agus Cahyono, Selasa (29/1/2018).

Tersangka ABH (18 th) beserta barang bukti 15  butir Pil dobel L yang disita dari NH, 2 klip kantong plastik masing masing katong berisi 50  butir Pil Dobel L, 21 butir Pil Dobel L, dompet Warna Hitam,Uang Tunai Rp. 6.000,00 dan satu buah HP warna hitam-putih telah diamankan oleh Polsek Siman.

Dia menambahkan Senin (28/1/2019) sekitar pukul 11.30 WIB,  anggota Reskrim Polsek Siman, mendapat informasi adanya dua orang yang prilakunya seperti orang  Mabuk sedang berada di warung salah seorang warga di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. "Setelah dicek benar adanya Informasi tersebut selanjutnya petugas melakukan penggeledahan badan dan Pakaian terhadap kedua orang tersebut dan pada seorang anak yang bernama NH (16 th) pada saku depan sebelah kiri terdapat lima belas butir Pil warna Putih yang salah satu sisinya ada tulisannya 'LL'," paparnya.

Selanjutnya 2 orang tersebut dibawa ke Polsek Siman serta dilakukan pengembangan dan 2 pelaku yang mabuk tersebut mengaku membeli Pil Dobel LL tersebut dibeli dari ABH (17 th) warga Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Ponorogo.

Pihaknya juga mengembangkan info yang didapat dan di rumah milik  Eko, tempat tinggal ABH dan di almari kamar ABH di dapati 71  butir Pil Dobel LL yang di masukan dalm bekas bungkus rokok warna hitan di dalamnya terdapat 2 kantong klip plastik yang masing-masing berisi 50 bitir Pil Dobel LL, dan 21 butir pil Dobel LL, dompet warna hitam berisi uang tunai Rp. 6.000,00 serta satu buah HP. Tersangka dikenakan pasal 196 dan 197 UU RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Penyuluhan Penyakit Cacar Air di Ponpes Al Amanah Besuki 
Berita Selanjutnya Diundang Bukber, Ratusan Janda Jompo dan Belasan Anak Yatim di Desa Sumber Wringin Terima Santunan

Komentar Anda