Portal Indonesia
Iklan mubar

Pemkab Sumenep Lakuan Mou Dengan PT. Perinus Soal Pengoperasian ICS

berita terkini
Bupati Sumenep Saat Lakuan Mou Dengan PT. Perinus Soal Pengoperasian ICS
ramadhan

SUMENEP, (portalindonesia.net)- Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama PT. Perikanan Nusantara (Perinus) Persero melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama untuk pemanfaatan Gudang Beku Terintegrasi atau Integrated Cold Stroge (ICS) di Desa Longos Kecamatan Gapura.

Penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama ICS itu dilakukan Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si dengan Presiden Direktur PT. Perinus Persero, Dr. Dendi Anggi Gumilang, SE, MM, di Ruang VIP Rumah Dinas Bupati, Kamis (24/01/2019).

Direktrur Pengelolaan dan Bina Mutu Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan RI, Innes Rahmania A.Pi, S.Sos mengatakan, pengoperasian ICS di Kabupaten Sumenep adalah yang pertama kali dari sebanyak 10 pembangunan ICS di beberapa daerah di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Diharapkan dengan dilakukannya MoU dan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sumenep dengan PT. Perinus menjadi percontohan bagi sebanyak 9 gudang pembekuan ikan atau ICS di daerah lainnya.

“Kami berharap dukungan semua pihak baik Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Daerah, sebab pengoperasian ICS merupakan awal bukan akhir dari segalanya, yang membutuhkan dukungan semua pihak terkait.” jelasnya pada Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama Untuk Pemanfaatan Gudang Pembekuan Ikan atau ICS.

Ia mengungkapkan, pihaknya tetap memantau dan mengawasi pengelolaan gudang pembekuan ikan atau ICS di Sumenep, guna memastikan apakah pengelolaannya benar-benar bermanfaat dan memberikan dampak terhadap pembangunan daerah.

“Percayalah kami tidak berhenti setelah ada MoU dan perjanjian kerja sama untuk mengawasi pengelolaan ICS itu, namun yang jelas, kami pasti melirik-lirik atau memantau pengelolaan yang dilakukan perusahaan” imbuh Innes Rahmania.

ICS adalah Unit Pengelolaan Ikan (UPI) yang terintegrasi dengan gudang beku (Cold Stroge) demi mengoptimalkan potensi ekonomi kelautan dan pemanfaatan hasil sumber daya laut, agar bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Pembiayaan pembangunan ICS oleh Pemerintah pusat melalui Menteri Kelautan dan Perikanan RI dengan dana sekitar Rp18 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018.

Sementara Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si menambahkan, potensi perikanan di Sumenep ini cukup menjanjikan sehingga butuh pengelolaan yang baik agar bisa memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

“Semoga dengan beroperasinya ICS itu bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat Sumenep.” pungkasnya.

Reporter :
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sebanyak 2000 Santri se-Jawa Timur Hadiri Liwetan Akbar di Kota Malang
Berita Selanjutnya Prof. Mas’ud: Tugas Guru Mencerdaskan Anak Bangsa

Komentar Anda