Portal Indonesia
Idul adha

Mengintip Batik Mas Hasil Karya Warga Bondowoso 

berita terkini
Batik Jati Mas Hasil karya warga Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumber Wringin
ramadhan

BONDOWOSO (portalindonesia.net) - Berbagai produk ketrampilan terus dikembangkan masyarakat di Desa Tegal Jati, Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Salah satunya adalah Batik Jati Mas. 

Pantauan portalindonesia.net, tampak bentuk keterampilan pembuatan batik dari hasil tangan Sugianto, SE Msi. Berkat usaha yang dirintisnya selama ini, Sugianto berhasil membuka lapangan kerja bagi ibu-ibu rumah tangga dan bisa membantu perkonomian masyarakat di desa tersebut yang rata - rata memiliki pekerjaan sebagai buruh tani. 

Sugianto menuturkan, pembuatan batik ini tidak serta-merta langsung diterima oleh masyarakat, awalnya banyak yang menyepelekan. 

"Tapi dengan tidak putus asa, saya dengan didampingi istri tercinta terus merintis usaha rumahan ini sampai akhirnya karya yang dihasilkan mampu menopang penghasilan keluarga," tutur Sugianto. 

Untuk proses pemasaran ke luar daerah, lanjut Sugianto, dilakukan melalui online dan ditawarkan secara langsung dari rumah ke rumah. "Ada juga pembeli yang datang secara langsung ke tempat kami," pungkasnya. 

Edi

Reporter : Edi Setiawan
Editor :
444
Berita Sebelumnya Kenalkan Caleg PSI Lewat Senam Zumba 
Berita Selanjutnya FoSSEI Dapat Penghargaan dari Menteri Bappenas Ri

Komentar Anda