Portal Indonesia
IKLAN HPN

Gerakan Sadar Pemilu 

berita terkini
Ilustrasi
ad

Judul diatas merupakan jargon yang diluncurkan oleh KPU RI pada Oktober 2017 silam. Jargon tersebut memberikan isyarat bahwa pemilu itu penting. Lewat pemilu kedaulatan rakyat disalurkan guna memilih pemimpin dan wakil rakyat yang akan mengemban amanah rakyat. 

Agenda sosialisasi yang gencar yang dilakukan oleh penyelenggara: Komisi Pemilihan Umum RI, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memastikan penyelenggaraan pemilu berjalan sesuai regulasi yang ada. Pemilu 2019 ini dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Hal tekhnis dalam sistem pelaksanaannya melalui PKPU (peraturan komisi pemilihan umum) RI.

Sosialisasi soal kepemiluan kepada publik adalah upaya memberikan pendidikan politik. Lalu publik dengan pengetahuan ada jadi pijakan untuk menentukan sikap; menentukan pilihan dan aktif berpartisipasi demi suksesnya pesta demokrasi tersebut.

Jargon 'Gerakan Sadar Pemilu' bertujuan untuk menggugah hati masyarakat dalam rangka mendorong munculnya kesadaran publik: dalam mengawal, mengawasi dan menyukseskan agenda politik lima tahunan itu; masyarakat juga diharapkan dapat memahami hak dan kewajiban sebagai masyarakat dalam konteks politik. 

Dari situ, rakyat dalam kapasitasnya sebagai pemilih mengecek namanya apakah sudah terdaftar dalam daftar pemilih tetap  (DPT) atau belum. Lalu kalau belum ada dalam DPT, langkah apa yang ditempuh supaya bisa memilih. Sejumlah pertanyaan kritis tersebut akan muncul dibenak hati masyarakat. Lebih jauh lagi misalnya, apa hal yang subtansial dalam pelaksanaan pemilu. Poin-poin penting itu diharapkan menjadi pengetahuan seluruh masyarakat Indonesia, sehinga gelaran pemilu bukan sekedar menyelenggarakan pesta tanpa makna. 'Gerakan Sadar Pemilu' bisa jadi cikal bakal tumbuhnya semangat baru masyarakat untuk memahami seperti apa posisi rakyat dalam sistem demokrasi yang kita anut.

'Gerakan Sadar Pemilu' bukan semata tanggung jawab penyelenggara. Kampanye 'Gerakan Sadar Pemilu' merupakan agenda bersama seluruh pemangku kepentingan. Tentu dalam menjalankannya butuh sinergitas dengan pihak-pihak terkait. Gerakan ini diharapkan mampu menciptakan daya kritis publik; masyarakat dapat memahami hak dan kewajiban sebagai pemilih dan memberikan pencerahan bahwa pemilu adalah pesta rakyat untuk memilih pemimpin dan wakilnya yang nantinya dapat mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi rakyat.

Penulis: Biku

Reporter : -
Editor : -
INAKER
Berita Sebelumnya Kebersamaan Perempuan Lintas Partai Mewarnai Politik Kota Malang 
Berita Selanjutnya Dari Niat Tulus Bersedekah, Posko Logistik Syafa'at di Acara Munajat Akbar 212.

Komentar Anda