Portal Indonesia
lowongan beriklan

TNI -POLRI Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu di Purworejo

berita terkini
Saat simulasi pengamanan pemilu berlangsung di jalan Proklamasi depan Kantor Bupati Purworejo
222

PURWOREJO (portalindonesia.net) - Personil TNI - Polri dari jajaran Kodim 0708 Purworejo dan Polres Purworejo menggelar simulasi pengamanan pemilu di jalan Proklamasi depan Kantor Bupati Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (09/02/2019).

Dalam pelaksanaan simulasi tersebut, pendukung partai politik peserta pemilu melakukan aksi demo dengan mendatangi kantor KPU. Mereka  memprotes hasil pileg pilpres yang dianggap penuh dengan kecurangan.

Pada aksi demo tersebut, awalnya berlangsung tertib. Namun, tiba-tiba memanas sehingga memancing kericuhan. Para pendemo mendorong dan melempar batu ke arah petugas hingga akhirnya bentrokan pun tidak bisa di hidarkan. Kemudian aparat langsung memberi peringatan kepada pendemo yang sudah mulai bringas, tapi peringatan itu tidak di hiraukan.

Masa pendemo makin menjadi dengan menyerang para petugas yang menutup langkahnya dengan menggunakan tameng dan tongkat pemukul.Dengan jumlah yang sangat banyak masa terus melawan petugas untuk menduduki kantor KPU.

Dengan megunakan semprotan air dan tembakan peringatan yang dilakukan oleh petugas, pendemo semakin terdesak dan kocar kacir berlarian dan situasi pun akhirnya bisa dikendalikan. Beberapa orang ditangkap petugas dan puluhan pendemo luka luka langsung di tolong oleh tiem medis.

“Hari ini kita melaksanakan latihan dalam rangka pileg dan pilpres Tahun 2019. latihan ini adalah sinergitas anatara TNI dan Polri dimana pada saat pemilu apabila ada kejadian kerusuhan masa dan Polri kewalahan menghadapinya maka saat Polri meminta bantuan kepada TNI kita siap," jelas Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Infanteri Muchlis Gasim S.H.,M.Si.

Dandim menyampaiakan dalam kegiatan simulasi ini melibatkan 400 personil dari TNI, Polri dan stakeholder lain dengan penanganan berjenjang sesuai urutan dan aturan yang sudah diatur oleh undang undang.

“Saya berharap, bahwa pileg dan pilpres ini aman, damai dan lancar tetapi kita harus siap karena situasi tidak bisa diprediksi. Namun saya optimis semua akan berjalan lancar," terang Dandim. 

Menurut Dandim, di wilayah Kabupaten Purworejo dalam mengantisipasi kerawanan, dilakukan pendekatan persuasif dan preventif dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan menghimbau kepada masyarakat, calon dan pemangku kepentingan untuk selalu profesional.

“Kepada calon pemangku kepentingan tidak memprofokasi, sehingga kondisi Purworejo akan selalu adem ayem dalam pelaksanaan pileg pilpres nanti,” tegas Dandim.

Reporter : Junaedi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Arek Jatim Gelar Rakor dan Deklarasi Dukung Jokowi - Amin
Berita Selanjutnya PPK Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara di Kecamatan Asembagus

Komentar Anda