Portal Indonesia
Habibie

STQ Perdana di Mubar, 10 Cabang Akan Diperlombakan

berita terkini
Ketua Panitia STQ Mubar, Abdul Nasir
ramadhan

MUNA BARAT (portalindonesia.net) - Pemerintah Daerah Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara pekan ini akan menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) perdana. Rencananya kegiatan tersebut akan dibuka Kamis 14 Februari 2019 mendatang.

Menurut Ketua Panitia STQ Mubar, Abdul Nasir, pada STQ yang pertama ini ada 10 cabang yang dilombakan dengan peserta dari perwakilan kecamatan.

"10 cabang yang diperlombakan tersebut, meliputi tilawah kanak-kanak (putra-putri); tilawah dewasa (putra-putri); hifzil dan tilawah satu juz  (putra-putri); hifzil dan tilawah lima jus  (putra-putri) dan hifzil 10 juz  (putra-putri)," jelas Nasir saat ditemui diruang kerjanya, Senin (11/2/19).

Selain itu, tambah Nasir cabang lain yang dipertandingkan ialah hifzil 20 juz  (putra-putri); hifzil 30 juz 30 juz (putra-putri); tafsir bahasa Arab (putra-putri); hafalan 100 hadist (putra-putri) dan hafalan 500 hadist (putra-putri).

"Acara pembukaan diawali dengan pawai taaruf yang diikuti oleh peserta, kafilah kecamatan, barisan satuan kerja perangkat daerah dan siswa. Peserta pawai taaruf diperkirakan 2.000 orang dengan rute dari tugu ayam sampai arena utama. Tempat kegiatan dipusatkan di eks Kantor Perhubungan Mubar, di Desa Guali, Kecamatan Kusambi. Pada hari pembukaan belum ada lomba. Acara lomba baru dimulai pada hari Jumat  dan Sabtu," paparnya.

Ia mengatakan peserta STQ ini hanya boleh diikuti warga asli Mubar yang dibuktikan dengan menunjukkan kartu keluarga.

"Selain warga Mubar asli tidak diterima," singkatnya.

Kata Nasir, kegiatan STQ ini dilakukan dalam rangka persiapan lomba STQ provinsi yang akan dilaksanakan pada Maret 2019 di Kota Kendari.

"Peserta yang berhasil meraih juara 1 - 3 pada STQ tersebut memperoleh kesempatan untuk  ikut program latihan. Setelah ikut program latihan mereka ini akan dipilih satu orang dari masing-masing cabang. Peserta terbaik pada masing-masing akan mewakili Mubar pada STQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara," tandasnya.

Ia menambahkan, sejauh ini, persiapan untuk penyelenggaraan STQ sudah mencapai 70 persen. "Pembenahan panggung utama dan kordinasi dengan stakeholder, saat ini tengah dilakukan demi suksesnya pelaksanaan lomba. Untuk anggaran yang disiapkan sebanyak Rp 170 juta. Dana itu diperuntukkan untuk hadiah dan insentif panitia," ujarnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya ATM BRI Cabang Pamekasan Dikeluhkan Warga
Berita Selanjutnya Kepala SMK NU Tenggarang Rebut Juara II LKTI Nasional di Semarang

Komentar Anda