Portal Indonesia
Habibie

Deklarasi Pemilu Damai Polres Purworejo Bersama Elemen Masyarakat

berita terkini
Saat acara deklarasi pemilu damai berlangsung di hotel Plasza Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2019)
ramadhan

PURWOREJO, (portalindonesia.net) - Dalam rangka menciptakan pemilu yang aman dan sejuk Polres Purworejo berdeklarasi damai dengan tokoh tokoh agama yang di adakan di hotel Plasza Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (22/2/2019)

Acara ini, dihadiri oleh pejabat utama Polres Purworejo, Polsek Jajaran, pejabat utama PJU, KPUD dan Bawaslu Purworejo, serta ratusan orang perwakilan Takmir Masjid dari 16 Kecamatan se Kabupaten Purworejo, utusan dari Lembaga Fatayat dan Forum Keberagaman Umat Beragama (FKUB), dan sejumlah tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH., SIK., menyampaikan, bahwa pada tanggal 17 April 2019 esok, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan agenda politik yang sangat penting yakni Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Pemilu 2019 adalah pengalaman baru bagi Pemerintah dan Rakyat Indonesia, dimana pemilihan presiden dan wakilnya, anggota DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota dilakukan secara serentak," ucapnya. 

Momentum tersebut, kata Kapolres, akan menjadi pesta demokrasi kesekian kalinya yang dilaksanakan di era pemilihan umum secara langsung. "Sehingga saya yakin dengan semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka kegiatan tesebut akan bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses," tutur Kapolres.

Lanjut Kapolres, meski demikian, semua tidak boleh lengah dan mengabaikan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam sebuah perhelatan yang melibatkan banyak orang dengan beragam kepentingan. 

"Oleh karena itu, kita akan terus melakukan berbagai langkah antisipasi dengan koordinasi yang sinergis lintas sektoral, sehingga bisa meminimalisir persoalan yang kemungkinan akan muncul," sambung Kapolres. 

"Kita juga perlu terus mendorong masyarakat untuk memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perbedaan yang terjadi tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan. Setiap perbedaan pola pandang maupun pilihan dalam berpolitik merupakan suatu hal yang wajar dan itu menandai bahwa iklim demokrasi sudah berjalan dengan baik," beber Kapolres. 

Menurut Kapolres, pelaksanaan Pemilu 2019, merupakan implementasi dari Pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yakni harus memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, professional, akuntabel, efektif, dan efisien.

"Dengan penyelenggaraan yang baik, Pemilu serentak tahun 2019 diharapkan dapat menghasilkan pemimpin nasional dan wakil rakyat yang mempunyai legitimasi yang kuat serta aman," ungkapnya.

Setelah acara selesai, dilanjutkan deklarasi dalam bentuk penandatanganan aksi damai dari berbagai kalangan.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Cegah Demam Berdarah Desa Bancar,Dinkes Ponorogo Lakukan Fogging
Berita Selanjutnya Densus 88 Tangkap Seorang Gembong Teroris di Cilacap

Komentar Anda