Portal Indonesia
ad

Universitas Jember Tambah Jumlah Profesornya, Kini Memiliki 49 Guru Besar

berita terkini
Guru Besar UNEJ Prof. Dr. Yuli Witono, MP. (tengah)
ad

Universitas Jember Tambah Jumlah Profesornya, Kini Memiliki 49 Guru Besar

JEMBER (portalindonesia.net) - Universitas Jember menambah jumlah profesornya, kali ini yang bakal dikukuhkan sebagai guru besar adalah Prof. Dr. Yuli Witono, MP., yang merupakan guru besar di bidang kimia pangan di Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Rencananya, proses pengukuhan Prof. Yuli Witono akan digelar hari Sabtu, 2 Maret 2019 di Gedung Soetardjo. 

Dalam kesempatan pengukuhannya, Prof. Yuli Witono akan membawakan pidato ilmiah pengukuhan guru besar berjudul "Smart Flavor Enzimatis Bersumber Alam Lokal Di Indonesia (Gagasan Empirik Solutif Menuju Indonesia Mandiri Food Ingredient)". 

Saat ditemui di laboratorium kimia pangan Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Prof. Yuli Witono menjelaskan benang merah pidato ilmiahnya. 

"Berawal dari keprihatinan masih tingginya kebutuhan impor food ingredient atau bahan makanan yang kita lakukan. Padahal alam Indonesia menyediakan begitu banyak bahan baku untuk mengembangkan produk bahan makanan, semisal penyedap rasa. Sementara penyedap rasa yang ada seperti mono sodium glutamat pun masih jadi kontroversi, padahal kita bisa mengembangkan penyedap rasa yang sehat," tutur Prof. Yuli Witono, membuka ceritanya, Rabu (27/2/2019). 

Menurut pria asal kota Malang ini, sebenarnya ada banyak sumber penyedap rasa yang tidak hanya aman namun juga bermanfaat karena memiliki khasiat seperti mengandung antioksidan, vitamin dan bahan lainnya. Misalnya dari ikan bandeng, ikan wader, jamur dan lainnya. 

"Memang perlu teknologi dan bahan yang dapat menghidrolisis agar bahan-bahan tadi bisa jadi produk penyedap rasa atau produk lainnya. Dan sesuai dengan penelitian saya, tanaman Biduri yang tersebar di Indonesia namun selama ini dipandang sebelah mata adalah bahan potensial untuk menjadi smart flavor enzimatis," jelas dosen yang setia meneliti tanaman Biduri sebagai bahan enzim protease sejak tahun 2000 ini. 

Bagaimana memanfaatkan potensi sumber daya alam Indonesia sebagai food ingredient akan dipaparkan oleh Prof. Yuli Witono dalam pidato ilmiahnya berjudul "Smart Flavor Enzimatis Bersumber Alam Lokal Di Indonesia (Gagasan Empirik Solutif Menuju Indonesia Mandiri Food Ingredient)". Acara ini akan berlangsung Sabtu (2/3/2019) di Gedung Soetardjo. 

Rencana dalam acara ini, selain dihadiri kalangan internal Kampus Tegalboto, para dosen yang bergelut di bidang kimia pangan di Indonesia, akan hadir pula kolega Prof. Yuli Witono dari Jepang, Thailand, dan Malaysia. "Semoga kontribusi saya ini dapat membantu Indonesia agar mandiri di bidang food ingredient," harap Prof. Yuli Witono. 

Sebagai tambahan informasi, dengan pengukuhan Prof. Yuli Witono, maka hingga tahun 2019 ini Universitas Jember memiliki 49 guru besar. Jumlah guru besar ini diharapkan akan segera bertambah mengingat saat ini ada enam dosen lainnya yang proses penetapannya sebagai guru besar tengah berproses di Kemenristekdikti. 

Reporter : Tim / Redaksi
Editor : Abdul Hakim
ad
Berita Sebelumnya PT BMS Tidak Benarkan Soal Tarif IPL Sebesar Rp 2 Juta Per Bulan
Berita Selanjutnya Sekolah Dasar Berkarakter Kebangsaan di Situbondo Gelar Seni Dan Budaya

Komentar Anda