Portal Indonesia
ramadhan

Universitas Jember Optimis Dapat Medali Dalam ON MIPA Nasional 2019 

berita terkini
Saat seleksi anggota tim ON MIPA 2019 Universitas Jember berlangsung di aula lantai 3 gedung Rektorat dr. R. Achmad
222

JEMBER, (portalindonesia.net) - Universitas Jember optimis dapat meraih medali dalam kompetisi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) tingkat nasional tahun 2019. Target ini merujuk pada prestasi tim ON MIPA Universitas Jember yang tahun lalu meraih medali perunggu untuk bidang kimia. 

Pernyataan ini disampaikan oleh Rusli Hidayat, ketua panitia seleksi tim ON MIPA 2019 Universitas Jember, di sela-sela mengawasi jalannya seleksi anggota tim ON MIPA Universitas Jember di aula lantai 3 gedung Rektorat dr. R. Achmad (28/2/2019). "Seleksi kali ini diikuti oleh 60 peserta dari empat bidang, yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi," ucapnya.

Baca Juga : Universitas Jember Tambah Jumlah Profesornya, Kini Memiliki 49 Guru Besar

Lebih jauh, Wakil Dekan III FMIPA itu menuturkan, rencananya, dari 60 peserta seleksi akan diperas hingga menjadi hanya tujuh orang untuk tiap bidangnya. Dari data yang ada, seleksi untuk bidang Matematika diikuti oleh 15 peserta, bidang Fisika dengan 14 peserta, 14 mahasiswa ikut seleksi di bidang Kimia, dan sisanya di bidang Biologi. Menariknya, jika pada tahun-tahun sebelumnya peserta seleksi tim ON MIPA Universitas Jember didominasi mahasiswa FMIPA dan FKIP saja, maka tahun ini muncul peserta seleksi dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Farmasi. 

Kami memang sengaja membuka pendaftaran tim ON MIPA 2019 untuk semua mahasiswa dari fakultas kelompok saintek, harapannya dapat menjaring lebih banyak lagi bibit-bibit potensial, ujar Rusli Hidayat. 

Untuk diketahui, 60 peserta seleksi tim ON MIPA 2019 sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dan pengayaan selama seminggu yang diberikan oleh panitia seleksi, yang terdiri dari para kepala Program Studi di FMIPA dan FKIP MIPA serta dibantu dosen lainnya. 

Baca Juga :21.663 Siswa Pilih Universitas Jember di SNMPTN 2019 

Peserta yang lolos seleksi sebagai anggota tim ON MIPA 2019 akan kami ikutkan dalam Intensive Camp di Green Hill Hotel selama enam hari yang dimulai pada tanggal 8 hingga 17 Maret. Intensive Camp akan diisi oleh para dosen Universitas Jember dan dosen tamu yang berasal dari ITB Bandung serta IPB Bogor. Selanjutnya mereka akan berlaga di ajang ON MIPA tingkat regional Jawa Timur yang akan berlangsung 26 hingga 28 Maret 2019, tutur Rusli Hidayat. 

Dari sekian banyak mahasiswa yang mengikuti seleksi tim ON MIPA, hadir Landep Ayuningtyas, peraih medali perunggu untuk bidang Kimia di ON MIPA Nasional tahun 2018. Keikutsertaan Landep akan menjadi sumbangsih terakhirnya untuk Kampus Tegalboto, mengingat dirinya sudah masuk semester delapan. 

Saya bertekad mempersembahkan  medali emas untuk Untuk Universitas Jember, sebab ini keikutsertaan saya yang terakhir, jadi ada kebanggaan sebelum meninggalkan Kampus Tegalboto tercinta, ungkap mahasiswi yang sudah tiga kali tergabung dalam tim ON MIPA Universitas Jember itu.

Reporter : Tim / Redaksi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Diduga Ngantuk, Truk Tabrak Rumah di Situbondo
Berita Selanjutnya HIPMI, Kapolres dan Dandim 0820 Probolinggo, Gelar Buka Bersama Anak Yatim

Komentar Anda