Portal Indonesia
ramadhan

Kiat Inovasi Disperindag Kebumen dalam Menghadapi Persaingan Pasar Global 

berita terkini
Sekertaris Disperindag Kabupaten Kebumen, Wahyu Siswanti SE, M.Si
222

KEBUMEN, (portalindonesia.net) - Untuk memperkuat daya saing dan pertumbuhan usaha di era perdagangan bebas, perlu inovasi dengan standarisasi berikut straregi pembangun pasar dan tehnologi yang modern sehingga pasar tetap diminati masyarakat.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen, Drs.H.Nugroho Tri Waluyo melalui Sekertaris Disperindag Kebumen, Wahyu Siswanti SE, M.Si. 

Siswanti mengungkapkan, pembangunan dan renovasi pasar yang telah diselesaikan di Kabupaten Kebumen tahun 2018 sebanyak 8 pasar, dan tahun 2019 sebanyak 5 pasar.

"Total pasar yang telah dibangun dan direnovasi di Kabupaten Kebumen hingga tahun 2019, sudah mencapai 65 % pasar. Sementara target baik pembangunan maupun renovasi pasar di seluruh Kabupaten Kebumen, sebanyak 40 pasar," ungkap Siswanto, saat ditemui portalindonesia.net, Jumat (1/3/2018).

Menurut Siswanti,  menghadapi persaingan pasar global dan pasar modern, pihak Pemkab Kebumen sangat mendukung adanya  pembangunan dan renovasi pasar - pasar yang inovatif. "Sehingga dapat memberikan kontribusi yang bisa menjadi andalan perekonomian rakyat," ujarnya. 

Untuk mendukung daya saing pasar modern, kata Suswanti, diperlukan inovasi pasar, seperti diantaranya manegement pasar, diberlakukannya e-Parkir yang bekerja sama dengan perbankan setempat, penataan barang berikut pedagang. "Dan, yang tak kalah penting lagi adalah menciptakan produk - produk barang dagangan yang bermutu dan kesadaran pedagang dalam membuang sampah agar pasar selalu bersih dan nyaman, serta tetap diburu para konsumen baik dari dalam maupun luar daerah," bebernya. 

Reporter : Ahmad
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Anjangsana Kapolres Bondowoso di Desa Nogosari
Berita Selanjutnya SMKN 1 Probolinggo Gelar Bukber, Ajak Insan Pers dan Pegiat Kemasyarakatan

Komentar Anda